Ponari, Kerjasama dengan PT Pos, Inovasi DPMD Padang Pariaman


Pariaman, CanangNews – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Padang Pariaman tak henti berinovasi. Tujuannya untuk meningkatkan akses, kemudahan pelayanan serta membantu pemulihan perekonomian masyarakat di tengah pandemi corona virus disease 2019 (covid-19).

 


Di antara inovasi tersebut, DPMD menjalin kerjasama (Memorandum of Understanding – MoU) dengan PT Pos Indonesia. Penandatanganan Naskah Kerjasama Pembentukan Pos Nagari (Ponari) antara Kepala DPMD Erman S Sos MM dan Manajer Kantor Pos Pariaman Randi berlangsung di Gedung Saiyo Sakato – Pariaman, Senin (31/5/2021), disaksikan Wakil Bupati Drs Rahmang MM dan Sekdakab H Jonpriadi SE MM.

 


Dalam acara Senin siang itu juga berlangsung Silaturrahim dan Mengantar Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) H Jonpriadi SE MM memasuki masa purna bakti (pensiun). Kegiatan ini juga dihadiri dan diikuti 103 walinagari se-Kabupaten Padang Pariaman.

 


Wakil Bupati Rahmang menyatakan apresiasi terhadap DPMD atas inovasi pembentukan ponari ini. Hal itu sebagai langkah maju dalam pelayanan publik membantu pemulihan perekonomian masyarakat. Ponari merupakan agen pos yang bertugas membangun sistem pelayanan pos dan untuk memperkuat jaringan hingga tingkat nagari.

 


Sebelumnya, Kepala DPMD Erman melaporkan, ponari dibentuk pada 103 nagari yang ada di Kabupaten Padang Pariaman, menyediakan tiga paket jasa yakni jasa keuangan, surat dan pengantar kiriman dan gabungan antar kedua jasa sehingga masyarakat dapat lebih leluasa menikmati jasa tersebut. Selain itu, masyarakat juga dapat menikmati jasa keuangan untuk bayar listrik, telepon, internet dan jasa pengiriman uang.

 

”Dengan adanya tiga program / jasa ponari ini, kami memfasilitasi pembuatan agen pos di setiap nagari lengkap dengan penggunaan aplikasi pos giro mobile. Inovasi yang dibantu oleh PT Pos Indonesia ini merupakan peluang usaha bagi masyarakat,” ulas Erman.

 

Untuk kemudahan dalam berurusan, katanya lagi, masyarakat diminta memanfaatkan sistem ini karena layanan jasa yang diberikan oleh pos juga dapat secara online yang dinamakan sistem online payment point.



Menjelang akhir acara, Ketua Forum Walinagari se-Kabupaten Padang Pariaman, Hilman AMd, menyerahkan paket kenang-kenangan kepada Sekdakab Jonpriadi yang memasuki masa purna bakti / pensiun terhitung mulai tanggal 1 Juni 2021. (Zakirman Tanjung)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama