Mutirman Kembangkan Budidaya Lebah Galo-galo Hasilkan 6 Juta Perbulan

0

Sijunjung, Canangnews.com - Ternak lebah jenis Galo-galo atau klanceng Trigona bisa hasilkan sampai 6 juta perbulan. Hal itu terungkap pada budidaya Galo-galo milik Mutirman, M.Pd. seorang pensiunan pengawas sekolah yang baru purnatugas 6 bulan yang lalu. 

Berminat hubungi : 081363In234902

Dia mempunyai lebih dari 30 rumah lebah yang sudah menghasilkan di bawah pepohonan kebun karen dekat temap tinggalnya. Lebah-lebah itu mencari bakalan madu dan nektar dari bunga bunga pohon karet dan bunga lainnya. 


Mutirman hanya merawat rumah rumah lebah itu dengan mencek dan memastikan bahwa rumah lebshnya bebas dari hewan hewan pengganggu seperti semut dan sebagainya. 


Pak Mutir, begitu panggilan akrabnya, mengungkspkan bahwa panen madu dapat dilakukan dengan cara menyedot madu dari sarangnya dengan alat elektrik khusus berselang yang ia rancang sendiri sehingga memudahkan dirinya untuk memanen madu. Alat elektrik tersebut ia beli dari lapak online dan cara pembuatannya ia pelajari dari  channel youtube. 


Panen dapat dilakukan setiap 20 - 30 hari dengan menghasilkan madu lebih kurang 150 mililiter per rumah lebah. Dari satu rumah lebah dapat menghasilkan antara 200 ribu perbulan sehingga dari 30 rumah lebah tersebut, rata rata penghasilannya hingga 6 juta perbulan.


Mutirman mengemas sendiri hasil madunya dengan kemasan botol plastik khusus dan sudah di label dengsn sticker merk Madu "Makiyo" . Adapun pemasaran madu tersebut dipasarkannya sendiri dengan menghubungi sanak kerabat dan teman teman sekitar Sijunjung, bahkan sudah merambah ke luar daerah seperti Jambi /bengkulu. 


Peternakan lebah itu berada  di sekitar rumah dan ladangnya samping SMK 5 Padang Sibusuk kupitan kabupaten Sijunjung Sumatera Barat


"Saya mengharapkan peternakan lebah galo galo saya ini dapat dikembangkan lagi sehingga lebih dapat menghasilkan untuk menambah income keluarga. Bahkan kami mohon perhatian dari pemerintah Sijunjung untuk  mendukung budidaya lebah galo galo ini kepada masyarakat lain di daerah ini, juga pemasarannya" pungkasnya.(TJP)


Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top