Silaturahmi Sesama Pesilat, Perguruan Silat di Agam Gelar Kejuaraan Usia Dini Tingkat Sumbar


 

Agam,-Dalam rangka silaturahmi sesama pesilat, perguruan pencak silat Tangan Mas Kabupaten Agam, gelar kejuaraan terbuka I usia dini tingkat Provinsi Sumatera Barat, di Padepokan Silat Tangan Mas setempat, Jumat hingga Minggu (2-4/4).

Dikesempatan itu, dewan guru pencak silat Perguruan Tangan Mas Agam, Asrial mengatakan, kejuaraan ini diikuti tujuh perguruan yaitu pencak silat Tangan Mas Agam, tangan Mas Padang, Tangan Mas Payakumbuh, Perisai Diri Semen Padang, Asad Agam, Harimau Kumbang Agam dan Satria Haidar Agam.

“Kejuaraan diikuti 100 pesilat yang akan bersaing untuk jadi terbaik pada kategori laga dan seni,” ujarnya.

Menurutnya, kejuaraan digelar tidak semata-mata mencari juara, lebih dari itu untuk jalin silaturahmi baik antar perguruan maupun sesama atlet, karena sudah lama tidak menggelar event dampak pandemi Covid-19.

Ia mengatakan, pihaknya mengangkat tema “di lahia mancari kawan, di batin mancari tuhan”. Sejatinya tema ini mengajarkan orang yang belajar dan pandai silat, memiliki hubungan silaturahmi sesama manusia dengan baik, serta taat beribadah kepada Allah swt.

“Maka digelarnya kegiatan ini agar silaturahmi kita tetap terjalin dengan baik, apalagi akan memasuki bulan suci Ramadan,” sebutnya.

Disamping itu, kejuaraan terbuka ini juga dijadikan sebagai ajang untuk mencari bibit atlet yang akan mengharumkan nama daerah nantinya.

Maka ia mengimbau peserta untuk bertanding secara sportif, dengan menjaga marwah pencak silat. (AY)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama