IAIN Batusangkar Lantik 20 Guru Tahfizh Profesional

0



Batusangkar,Canangnews. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar berkolaborasi dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Tanah Datar dan Yayasan Hj. Syarifah Gani Muhammad Zein Jakarta, sukses melantik sebanyak 20 Guru Tahfizh Profesional, yang dilaksanakan, beberapa hari lalu di kampus setempat


Pada pelantikan 20 orang Guru Tahfizh yang merupakan mahasiswa IAIN Batusangkar dengan tambahan hafalan lima juz selama enam bulan itu juga sekaligus Pembukaan PPG Angkatan Ke II.


Dihadiri Bupati Tanah Datar yang diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesra  Drs. Suhermen, Rektor IAIN Batusangkar diwakili Wakil Rektor III Dr. Sirajul Munir, M. Pd, Ketua MUI Tanah Datar Drs. H. Masnefi, MS, Pimpinan Baznas, Direktur Pascasarjana, para Dekan dan juga jajaran serta undangan lainnya.


Kabag Kesra Setdakab Tanah Datar sekaligus Ketua PPG Tahfizh H. Afrizon mengatakan Perkembangan Rumah Tahfizh di Tanah Datar sangat pesat. Program ini dimulai pada tahun 2016 dengan jumlah rumah tahfizh sebanyak 6 unit, dan pada saat ini sudah terdaftar di Bagian Kesra sebanyak 239 rumah tahfizh dengan santri 9372 orang.


“Santri tahfizh dibina hanya dengan semangat guru secara mandiri. Menjawab kekurangan tersebut kita berpikir bersama tokoh perlu dibentuk satu program untuk melatih secara profesional para guru tahfizh ini,”ujarnya.


Disampaikan Afrizon PPG tahfizh bermula dengan penuh kekurangan dalam segala hal. Semua itu tertutupi oleh bantuan yayasan Hj Syarifah Gani dan IAIN Batusangkar, sehingga hari ini  sukses dilakukan pelantikan guru tahfizh tersertifikasi di Tanah Datar dengan jumlah panitia yang minim yaitu lima orang saja, diantaranya Wakil Ketua Syafriwaldi S.Sos.I, MA, Sekretaris Hafizullah, MA, Bendahara Dafit Amril, MA dan Wakil Sekretaris Jheni Rahmad..


Ketua Yayasan Hj. Syarifah Ghani mengucapkan selamat kepada mahasantri yang telah lulus dalam program pendidikan ini. Ketua Yayasan juga mengucapkan terimakasih kepada Pemkab dan IAIN Batusangkar serta sampaikan permohonan maaf jika ada kekurangan dalam penyelenggaraan program tersebut.


Warek III IAIN Batusangkar Sirajul Munir mengungkapkan Pimpinan IAIN Batusangkar mengikuti dari awal mulai perencanaan dan pelaksanan serta peliputan program ini. Memang ini satu tim dengan pekerjaan yang luar biasa. Walaupun minim sumberdaya, panitia PPG Tahfizh mampu menunjukan kinerja yang maksimal dengan hasil yang sukses pada angkatan pertama.


“Mahasiswa peserta PPG Tahfizh berada dalam asuhan Mudir Ma’had IAIN Batusangkar. Saat ini Ma’had Aljamiah juga membina 33 mahasiswa Program Muqim Arbain yang diluncurkan oleh IAIN Batusangkar, sebutnya”


Warek menghimbau para lulusan utuk selalu kompak bersama komunitas penghafal dan mengabdikan diri untuk kemajuah tahfizh di Tanah Datar. Dr Sirajul Munir juga mengucapkan terimakasih atas izin dan dorongan orang tua kepada anaknya sehingga sukses menyelesaikan program dan mencapai target 5 Juz.


Sementara itu Bupati Tanah Datar yang diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesra Suhermen atas nama Pemerintah Daerah menyampaikan ucapan terimakasih kepada IAIN Batusangkar dan Yayasan Hj. Syarifah Ghani serta ucapan selamat kepada lulusan PPG Tahfizh Tanah Datar angkatan pertama.


“Kegiatan sertifikasi guru tahfizh ini adalah yang pertama di Indonesia yang berkolaborasi dengan Perguruan Tinggi. Kita juga mengapresiasi panitia PPG Tahfizh yang bekerja dengan ikhlas tanpa honorarium karena keterbatasan sumberdaya", ujarnya


PPG Tahfizh angkatan pertama ini dilaksanakan selama 6 bulan dengan pola asrama. Program ini dibuka secara resmi oleh bupati Tanah Datar awal November 2020 silam.erie



Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top