Hindari Kejahatan Teknologi, Ny Titik Irwan Fikri Minta Orangtua Batasi Penggunaan Gadget Anak


 

Agam, -Wakil Ketua TP PKK Agam Ny Titik Irwan Fikri meminta para orang tua mengawasi anak dalam menggunakan gadget. Ini dilakukan untuk mengindari anak dari kejahatan teknologi.

“Pesatnya perkembangan teknologi tentunya harus membuat setiap orang tua waspada. Tidak sedikit anak usia dini menjadi korban dari kejahatan teknologi khususnya gadget,” kata Ny Titik Irwan Fikri kepada kader PKK di Nagari Canduang Koto Laweh, Kecamatan Canduang saat memberikan pembinaan terhadap gerakan PKK, Selasa (6/4).

Dijelaskannya, di era digitalisasi, keluarga memiliki peran cukup penting. Hampir semua usia, anak-anak maupun orang dewasa menggunakan teknologi untuk komunikasi dalam berbagai kegiatan.

Penggunaan gadget yang berlebihan terhadap anak memiliki banyak dampak negatif untuk perkembangan dan kondisi tumbuh anak. Apalagi yang tergolong belum cukup umur sudah leluasa memainkan gadget sehingga meningkatnya kadar kecanduan.

Tak ingin ada anak yang kecanduan gadget di Kabupaten Agam, istri wakil bupati itu meminta orang tua dapat memperhatikan penuh anaknya yang masih usia dini dalam bermain gadget.

Peran kader PKK di lapangan, dituntut harus lebih gencar dan nyinyir dalam menyosialisasikan dampak bebas penggunaan gadget, terutama bagi keluarga kader itu sendiri.

“Kita harus mengetahui batasan dalam penggunaan gadget pada anak, jangan sampai gara-gara asyik main handphone atau gadget anak jadi lupa waktu, seperti belajar dan mengaji,” terangnya.

Ny. Titik juga menyarankan agar orang tua memberi contoh kepada anak.

“Artinya berkembangnya pemikiran anak, tergantung terhadap bagaimana pola asuh orang tuanya,”ujarnya.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama