Drs. Rusma Yul Anwar, M.Pd Hadiri Pengukuhan Pengurus DMI Pessel

0
Bupati Pesisir Selatan Drs. Rusma Yul Anwar, M.Pd bersama Pimpinan Wilayah Dewan MAsjid Indonesia dan Forkompinda Pesisir Selatan

Painan, CanangNews - Pimpinan Wilayah Dewan Masjid Indonesia Provinsi Sumatera Barat, Duski Samad  mengukuhkan pengurus Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kabupaten Pesisir Selatan masa bakti 2019-2024, Selasa (6/4) di gedung Painan Convention Center (PCC).

Pada kesempatan itu hadir Bupati Pesisir Selatan Drs. Rusma Yul Anwar, M.Pd, anggota Forkopimda, kepala perangkat daerah, ulama, tokoh masyarakat dan undangan lainnya.

Pada kesempatan yang sama Bupati juga melaunching QRIS sebagai media pembayaran non-tunai infak dan sedekah dari Bank Nagari.

Pimpinan Wilayah Dewan Masjid Indonesia Provinsi Sumatera Barat, Duski Samad dalam sambutannya, mengatakan, dewasa ini masjid merupakan salah satu organisasi yang anggotanya baik langsung maupun tidak langsung menjadi bagian yang melekat dalam Dewan Masjid.

Ia menegaskan, Dewan Masjid akan selalu merespon aspirasi yang muncul terkait dengan pengelolaan dan fungsi masjid.

Dewan Masjid mesti berkoordinasi dengan pemerintah dan stakeholder lainnya, memberikan motivasi, dan menggerakkan masjid dalam tiga hal.

Pertama, masjid sebagai rumah ibadah seperti untuk salat, kegiatan majlis taklim, TPA/TPSA, pesantren Ramadhan. Dalam hal ini juga perlu dilakukan konsolidasi keumatan. Kedua, menggerakkan masjid sebagai rumah umat.  Ketiga, masjid juga menjadi rumah bangsa.

Sementara itu, Rusma Yul Anwar mengatakan, keberadaan Dewan Masjid sangat penting dalam meningkatkan kemaslahatan umat, dan tentunya juga memfungsikan masjid sebagaimana mestinya sesuai syariat Islam.

"Kita meminta agar pengurus Dewan Masjid Indonesia Kabupaten Pesisir Selatan yang telah dikukuhkan dapat melaksanakan fungsi dengan baik," harapnya.

Rusma Yul Anwar menambahkan, Pemerintah Kabupaten Pesisir akan selalu berkoordinasi dengan Dewan Masjid Indonesia Kabupaten Pesisir dalam bidang pembangunan keagamaan.

Dalam kesempatan bupati mengharapkan dewan masjid mendorong masjid berfungsi sebagai rumah umat, dan terbuka 24 jam. Hal ini penting untuk melayani masyarakat.
 

"Masjid yang berada di pinggir jalan raya dan kawasan wisata harus terbuka 24 jam," harapnya.

Pengurus DMI Pesisir Selatan, yang dilantik tersebut, antaralain, Ketua H.Aprisal, S.Ag, M.Pd, Sekretaris, Syamsiwal, bendahara Nofri Yendra, SHI, MH, serta dilengkapi wakil wakil ketua dan ketua bidang. (can)


Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top