Daurah Mutqin, Memetik Rindu Ramadan Bersama Alquran


 

Agam, -Banyak cara yang dapat dilakukan untuk memetik berkah Ramadan sekaligus mendekatkan diri kepada Allah SWT. Satu di antaranya dengan memperbanyak hafalan ayat-ayat suci Alquran.

Seperti yang dilakukan ratusan siswa-siswi Yayasan Raudhah El-Jannah di Kecamatan Lubuk Basung ini. Selama satu hari penuh, siswa-siswi yang dikarantina di Panti Asuhan Putra Muhammadiyah ini menghafal ayat demi ayat Alquran dengan baik dan benar.

“Pukul 03.00 wib dini hari mereka sudah bangun, menyiapkan segala keperluan, kemudian sahur, ibadah subuh lalu dilanjutkan menghafal Alquran hingga malam menjelang,” ujar Ketua Yayasan Raudhah El-Jannah, Ustadz Firdaus M.S.Si, Jumat (16/4).

Diketahui, sekitar 100 lebih pelajar yang bersekolah di SDIT dan SMPIT Raudhah itu sedang mengikuti Daurah Mutqin atau program 30 hari hafal 5 juz Alquran secara mutqin.

“Kami memberi tajuk daurah mutqin atau bisa juga disebut pesantren Alquran ini memetik rindu Ramadan bersama Alquran,” sebutnya.

Metode menghafal Alquran di Daurah Mutqin ini dilakukan dengan cara boarding atau metode karantina. Saat menghafal, para peserta akan dibimbing secara telaten oleh pembina yang berkompeten.

Daurah Mutqin yang sudah berlangsung satu minggu lalu menurut Ustadz Firdaus sudah membuahkan hasil. Pasalnya dua orang siswanya sudah menyelesaikan hafalan 1 juz mutqin dalam 1 hari.

“Jadi mereka ini diuji hafalannya dengan cara disuruh tampil membacakan hafalan, yang penampilannya juga live di media sosial, nanti ketepatan bacaan dan tajwid akan dinilai oleh pembina atau pembimbing,” ucapnya.

Pihaknya berharap, kedepan akan banyak siswa-siswinya yang merampungkan hafalan Alquran. Menurutnya, kunci menghafal Alquran terletak pada niat, fokus dan bersungguh-sungguh.

“Kemudian kalau bisa dibimbing oleh orang yang mengetahui atau berkompeten dalam ilmu Alquran, maka hafalannya akan menjadi lebih baik dan benar,” katanya.

Ditambahkan Ustadz Firdaus, salah satu amalan paling baik yang ingin diraih semua umat Islam adalah menghafal Alquran. Banyak keutamaan yang akan diraih jika seseorang dapat menjadi penghafal Alquran.

“Keutamaan penghafal Alquran antara lain kelak di dalam surga akan diberikan derajat yang tinggi, dan dapat memberikan mahkota di surga untuk orang tua, terbebas dari siksa dan masih banyak lagi,” terangnya.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama