Tuju MTQN Sumbar ke-39, LPTQ Agam Intensifkan Persiapan


 

Agam, (Sumbar)-Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Kabupaten Agam, terus melakukan persiapan dalam menghadang Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat Sumbar ke-39.

Ketua Harian LPTQ Agam, Edy Oktafiandi, Kamis (18/3) mengatakan, persiapan diawali dengan pelaksanaan MTQ tingkat Agam tahun 2020, yang telah memperoleh pemuncak 1, 2 dan 3.

“Mereka sudah kita seleksi akhir Februari 2021, yang diikuti 100 orang kafilah tambah kafilah MTQ sebelumnya,” ujarnya.

Dikatakannya, dari hasil seleksi baru 80 persen kafilah yang lulus untuk mengikuti MTQN Sumbar, sedangkan lainnya akan diseleksi kembali 25 Maret 2021, karena kemampuannya masih seimbang dan hasilnya belum bisa diputuskan saat pelaksanaan seleksi.

“Kafilah akan diseleksi kembali bagi mereka yang mengikuti cabang cerdas cermat, sarhil Qur’an dan hafiz,” sebutnya.

Seperti halnya, cabang cerdas cermat kafilahnya sudah diberikan target untuk menghafal soal, seleksi kedua nanti soal itu diminta kembali oleh pelatih dan diuji. Kemudian dibandingkan hasilnya dengan seleksi pertama.

Ia menjelaskan, kafilah Agam yang akan mengikuti MTQN Sumbar ke-39 ini sebanyak 63 orang, dengan cabang diikuti 12 cabang dari 23 golongan. Jika seleksi kedua selesai, maka kafilah itu diikutkan TC yang akan dilakukan setelah Idul Fitri 1442 hijriah.

“Sebetulnya TC sudah dilaksanakan kepada calon kafilah sembari melakukan seleksi, namun setelah Idul Fitri 1442 hijriah TC kembali dilakukan kepada seluruh kafilah yang telah lulus seleksi,” terangnya.

Pihaknya terus mendorong kafilah secara person untuk terus meningkatkan kemampuan dan kualitas diri mereka.

Bahkan berkat dorongan dan motivasi, kafilah dari golongan kaligrafi mengikuti latihan di Lembaga Kaligrafi Al-Qur’an (Lemka) Jawa Barat. (AY)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama