Rancangan Awal RPJMD Kota Bukittinggi 2021-2026 Disetujui




Bukittinggi, (Sumbar)-Rancangan awal Rencana Pembangunan Jangka Panjang Menengah Daerah( RPJMD) Kota Bukittinggi tahun 2021-2026 Disetujui. Hal tersebut ditandai dengan penandatanganan nota kesepakatan antara Walikota Bukittinggi, Erman Safar dengan Ketua DPRD Bukittinggi, Herman Sofyan dan Wakil Ketua Nur Hasra, Senin (29/3/2021).


Dikesempatan itu, Walikota Bukittinggi Erman Safar menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada pimpinan dan seluruh anggota DPRD Kota Bukittinggi, dimana dengan dilandasi semangat, tanggung jawab dalam melaksanakan tugas pemerintahan serta niat tulus untuk membangun wilayah setempat.


"Alhamdulilah, pembahasan terhadap RPJMD tahun 2021-2026 dapat kita selesaikan dengan baik dan lancar sesuai dengan amanat Permendagri Nomor 86/2017,"jelas Erman Safar didepan anggota DPRD  Bukittinggi.


Dikatakannya penyusunan RPJMD merupakan penyempurnaan rancangan teknokratik dengan berpedoman pada visi,misi dan program Kepala Daerah dan Wakil  kepala Daerah terpilih,telah disusun dimasa persiapan.

penyusunan RPJMD beriringan dengan Kajian Lingkungan Hidup Strategis(KLHS)yang merupakan persyarat dalam penyusunan RPJMD.


"Pada tahapan penyusunan RPJMD itu,kita juga telah melaksanakan Forum Konsultasi Publik(FKP) bersama stake holders guna menghimpun saran dan masukan,"terang Erman Safar.


Lebih lanjut disebutkan walikota Bukittinggi itu adapun visi yang dituangkan kedalam RPJMD kota Bukittinggi  itu" Menciptakan Bukittinggi Hebat Berlandaskan Adat Basandi Syara'Syara'Basandi Kitabullah"


Yang dirumuskan 7 misi,diantaranya Hebat dalam sektor peningkatan ekonomi kerakyatan,sektor pendidikan,keseharan dan lingkungan,sektor kepariwisataan,seni budaya dan olahraga,tata kelola pemerintahan,sektor sosial kemasyarakatan dan hebat dalam sektor pertanian,"ungkapnya


"Penyusunan rancangan awal RPJMD itu,disadari masih belum lengkap dan sempurna,untuk itu saran dan masukan masih sangat dibutuhkan,"tukas Erman.


Selain itu setelah pembahasan dan kesepakatan bersama kepala daerah dengan DPRD akan dilanjutkan konsultasi ke Gubernur melalui Bappeda Sumbar,kemudian ada pembahasan bersama SKPD terkait dengan sinergitas rencana strategis perangkat daerah."ulasnya


Pada rapat paripurna DPRD itu juga dihadiri oleh Ketua DPRD Herman Sofyan, beserta wakil  Forkopimda kota Bukittinggi,Ketua Pengadilan agama Bukittinggi,Sekda,serta Kepala SKPD,Camat dan Lurah se Bukittinggi. (Nas)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama