Panen Perdana Bawang KUR BNI Cluster, Gubernur Sumbar: Pertanian Usaha Yang Menjanjikan

0


 

Agam, -Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah mengatakan, pertanian menjadi usaha yang cukup menjanjikan di masa pandemi. Hal ini di sampaikan Gubernur Provinsi Sumatera Barat, Mahyeldi, saat panen perdana bawang KUR Tani BNI cluster, Kelompok Tani Boneh Satangkai di Nagari Kamang Mudiak, Kecamatan Kamang Magek, Minggu (21/3).

“Daerah kita ini, khususnya Nagari Kamang Mudiak, sangat berpotensi dalam pengembangan tanaman bawang,” ujarnya.

Dikatakan, saat ini di Nagari Kamang Mudiak, dalam satu hektar lahan, bisa menghasilkan sebanyak 10-12 ton bawang. Jika harga bawang Rp20 ribu per kilogram, maka petani bisa menghasilkan lebih kurang sebanyak Rp200 juta perhektar, dalam sekali panen, yaitu 80 hari.

“Dalam setahun, bawang bisa panen sebanyak 4 kali, sehingga hasil dari panen bawang dalam setahun mencapai Rp800 juta. Saya kira ini luar biasa untuk pendapatan harian para petani,” terangnya.

“Oleh sebab itu, pertanian adalah usaha yang cukup menjanjikan, terutama dalam berkebun bawang, ditambah lagi saat ini harga dan kebutuhan bawang sangat tinggi,” jelasnya.

Selain itu, pihaknya juga meminta kepada wali nagari dan masyarakat, agar dapat mengolah lahan-lahan yang terlantar menjadi lahan produktif.

“Bekerja sama dengan pihak perbankan, semoga kedepannya bisa lebih meningkatkan pendapatan para petani,” ujarnya.

Mahyeldi berharap kepada masyarakat, wali nagari dan camat, agar dapat melihat komoditi-komoditi apa yang cocok di wilayahnya yang bisa menghasilkan lebih cepat. Sehingga kedepannya lahan yang nganggur bisa dimanfaatkan, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya kesejahteraan para petani. (*)

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(50)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top