Fosma Gantiang Saiyo Jabodetabek Kukuhkan Edmon Z Tanjung Jadi Ketua


Jakarta, CanangNews – Forum Silaturrahmi Masyarakat Gantiang Saiyo (Fosma GS) Jakarta – Bogor – Depok – Tangerang – Bekasi (Jabodetabek) menyelenggarakan acara syukuran dan selamatan di Anjungan Sumatra Barat Taman Mini Indonesia Indah (TMII) – Jakarta, Selasa (23/3/2021) malam. Pada kesempatan itu sekaligus berlangsung pengukuhan Edmon Z Tanjung sebagai Ketua Fosma GS periode 2021 – 2024.

 


Pengkuhan dilakukan oleh Aljabar Koto atas nama dewan penasihat. Acara yang diikuti +100 orang anggota forum juga dihadiri undangan – pengurus forum masyarakat rantau dari nagari-nagari sekitar Gantiang seperti Sungai Asam, Toboh Ketek dan Sungai Buluah.

 


Kepada CanangNews, Rabu (24/3/2021) sore, Aljabar Koto menyebutkan, Gantiang merupakan satu dari tiga korong dalam Nagari Sungai Asam, Kecamatan 2x11 Anam Lingkuang, Kabupaten Padang Pariaman. “Komunitas kami di Jabodetabek ada 200-an keluarga dan insyaa Allah selalu solid dalam kegiatan sosial, budaya dan pengajian.”

 


Pria kelahiran 3 Agustus 1974 ini menambahkan, dalam urusan sosial seperti kabar baik (resepsi pernikahan) atau kabar buruk (kematian), Fosma GS Jabodetabek saling mengabarkan dan mengunjungi serta badoncek (menyumbang secara spontan). Begitu juga dengan komunitas perantau nagari-nagari tetangga di kampung halaman. Sebelumnya, Aljabar Koto mengetuai Fosma GS selama empat periode: 2006 – 2009, 2009 – 2012, 2015 – 2018 dan 2021.

 


Ketika memberi pengarahan usai mengukuhkan Edmon Tanjung sebagai Ketua Fosma GS Jabodetabek, kata Aljabar Koto, ia meminta Pengurus Fosma GS 2021 – 2024 menjadikan organisasi ini lebih baik lagi serta bermanfaat bagi anggota serta masyarakat di kampung halaman dan mayarakat sekitar tempat mereka berusaha atau berdomisili.

 


Selain itu, dapat menjalin hubungan kekerabatan yang kuat dengan organisasi-organisasi lain yang berada di perantauan. “Fosma GS sejak dua tahun lalu telah terdaftar di Kementerian Hukum dan Hak Azasi Manusia (Kemenkumham) Republik Indonesia sebagai organisasi masyarakat (ormas) non partai politik. Jadi bukan ormas abal abal lagi,” ulas Aljabar Koto.

 


Fosma GS, lanjut dia, sudah memiliki tanah / lahan seluas 1.130 meter2 yang berlokasi di Kabupaten Bogor. “Tanah tersebut kami maksudkan sebagai lahan untuk pembangunan gedung secretariat. Mudah-mudahan dalam generasi / kepengurusan Forma GS 2021 – 2024 ini pembangunannya dapat terlaksana.”

 


Selanjutnya, Edmon selaku ketua forum mengukuhkan Deli Mawardi sebagai wakil ketua, Irman sebagai sekretaris dan Basrizal / Ajo Boy sebagai bendahara serta ketua-ketua bidang untuk memperkuat kepengurusan Fosma GS 2021 – 2024. (Zakirman Tanjung)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama