Dukung TMMD, Dinsos P3A Padang Pariaman Laksanakan Sosialisasi GN AKSA


Lubuak Aluang, CanangNews – Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak ( Dinsos P3A) Kabupaten Padang Pariaman ikut serta mendukung kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-110 yang berlokasi di Nagari Salibutan, Kecamatan Lubuak Aluang. Antara lain dengan melaksanakan Sosialisasi Gerakan Nasional Anti Kejahatan Seksual terhadap Anak (GN AKSA).

 


Kegiatan Sosialisasi GN AKSA ini bertempat di Aula Posko Nyarai Nagari Salibutan, Rabu (24/3/2021), dipandu oleh Kepala Dinsos P3A Syafriwal SE MM bersama Kepala Bidang Perlindungan Perempuan dan Anak Arosi Febri Yenti SSTP MSi serta diikuti oleh Kelompok Dasa Wisma dan Kelompok Penerima Manfaat Program Keluarga Harapan (PKM PKH).

 


Pada kesempatan ini, Syafriwal menyebutkan, Sosialisasi Gerakan Nasional Anti Kejahatan Seksual terhadap Anak ini bertujuan untuk mewujudkan Nagari Layak Anak di lokasi TMMD. Selain itu, juga dimaksudkan sebagai Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga (P2K2).

 


Alex (sapaan Syafriwal) menyatakan harapannya, dengan kegiatan Sosialisasi GN AKSA kepada Dasa Wisma dan KPM PKH dapat mencegah terjadinya kekerasan seksual terhadap perempuan dan anak di Nagari Salibutan.

 


Kegiatan dilanjutkan dengan Sosialisasi GN AKSA yang dilaksanakan kepada murid-murid Taman Pendidikan Al-Qur’an / Taman Pendidikan Seni Al-Qur’an (TPA/TPSA) Surau Gadang Salibutan sebagai satu upaya untuk menciptakan masjid / mushala dan TPA/TPSA ramah anak di lokasi TMMD ke-110 ini.

 


Kepala Bidang Perlindungan Perempuan dan Anak Arosi Febri Yenti SSTP MSi  menambahkan, pada kesempatan ini juga dilakukan penyuluhan secara door to door kepada anak-anak di sekitar Posko TMMD ke-110 dengan membagi-bagikan leaflet 'Tangkis' sebagai suatu bentuk komunikasi, informasi dan edukasi (KIE) pencegahan kekerasan seksual terhadap anak.

 


TANGKIS Kekerasan pada Anak

Tubuhku adalah milikku

Ada rahasia di balik baju.

Ngga boleh, ya ngga boleh.

Gelagat bahaya, waspadai

Kalau dipaksa lawan

Ingat ga semua rahasia itu baik.

Selalu cerita ke orang tua. (R/ZT)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama