Dinkes Padang Pariaman Vaksinasi 135 CJH I442 H


Parikmalintang, CanangNews – Sebanyak 135 dari 253 Calon Jamaah Haji (CJH) 1442 Hijriyah / 2021 Masehi asal Kabupaten Padang Pariaman menerima suntik vaksinasi corona virus disease 2019 (covid-19). Kegiatan vaksinasi CJH ini difasilitasi Dinas Kesehatan (Dinkes) bertempat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Padang Pariaman - Parikmalintang, Selasa (23/3/2021). Kegiatan ini ditinjau lima pejabat dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) serta dapat kunjungan Bupati Suhatri Bur.

 

Kepala Dinkes Padang Pariaman Drs H Yutiardy Rivai Apt didampingi Pelaksana Tugas Sekretaris Dinkes dr Syafrinawati MARS dan Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Hj Nurhayati Mila SSiT MARS menyebutkan, untuk tahap pertama yang di-vaksin covid-19 hanya CJH yang berusia 60 tahun ke atas. Pemberian suntik vaksin berlangsung dua hari, Selasa ini dan Rabu besok, melibatkan belasan tenaga medis, dokter dan perawat.

 

"Selebihnya, sebanyak 118 CJH berusia di bawah 60 tahun, dijadwalkan menerima vaksin covid-19 bulan April - Mei mendatang," ujar Yutiardy.



Dokter Syafrinawati menambahkan, untuk mendapatkan vaksinasi masing-masing CJH mengikuti proses dengan waktu kira-kira 40 menit. Proses awal mendaftar / registrasi pada meja 1, sreening atau pemeriksaan kesehatan pada meja 2, vaksinasi pada meja 3 dan observasi pada meja 4.

 

"Sreening pada meja 2 merupakan penentu apakah seseorang layak menerima vaksinasi covid-19 atau tidak. Ternyata dari 66 CJH yang datang ada satu orang yang ditunda suntik vaksin karena tensi tinggi. CJH itu harus menjalani pengobatan dulu, baru divaksinasi,” kata Dokter Rina yang juga Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan.

 

Setelah suntik, ulas Rina, pasien menuju meja 4 guna menjalani observasi selama 30 menit untuk mengetahui apakah pasien mengalami kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI) seperti kemungkinan pingsan atau alergi. Ternyata tidak ada masalah.

 


Sekira pukul 13.30 WIB, Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur
datang berkunjung ke Gedung HCCU RSUD tempat pemberian vaksinasi berlangsung. Ia menyapa beberapa CJH, kemudian berdialog dengan pejabat Kemenkes RI. Kelima pejabat itu adalah dr Muhammad Imran MKM, Endah Gina Faziah SKM MKes dan Maman Haerurohman SKM MKM (ketiganya dari Pusat Kesehatan Haji) serta Deky Virandola dan Suzanna dari Direktorat Kesehatan Lingkungan Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat. (Zakirman Tanjung)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama