Aprijon S.HI Kades Sikabaluan "Penataan Kwalitas Ikan Asin Bose Masih Dibutuhkan Untuk Menunjang Ekonomi Masyarakat Berkelanjutan


Sikabaluan Canangnews,Desa Muara Sikabaluan salah satu desa yang berada di pusat kecamatan Siberut Utara dengan geografis wilayah berada di Sepanjangan bibir pantai.


Adapun icon ekonomi yang mendukung kehidupan masyarakat desa diantaranya pekerjaan sebagai nelayan, selain terdapat pengusaha penampungan ikan basah untuk di ekspor ke luar negeri (perantara) juga terdapat kelompok pengolah ikan asin, yang dikenal dengan nama ikan asin Bose. 

Salah satunya, Bose  dusun yang masuk diwilayah desa muara sikabaluan dengan kekayaan laut yang terbentang. sehingga muncul ide cemerlang pengolahan ikan asin dengan kegurihan yang khas serta di minati oleh konsumen.

Namun hal tersebut masih diperlukan  penataan kwalitas pendukung  bagi nelayan dalam menunjang ekonomi yang berkelanjutan bagi rumah tangga mereka. 

"Saat ini ikan asin Bose telah di tampung oleh Bumdes dengan tujuan memberikan jaminan kepada konsumen bahwa ikan asin yang di jual betul2 diolah di dusun Bose dengan standar yang baik" ungkapnya Aprijon Rabu (10/03/21).

Dirinya juga ucapkan terimakasih kepada dinas perikanan kabupaten Kepupauan  Mentawai yang telah memberikan perhatian penuh dalam mendukung nelayan lingkup wilayah Sikabaluan tepatnya di dusun Bose  hingga diberikan bantuan pengolahan ikan asin Bose agar selalu higienis. 

"Desa muara sikabaluan akan tetap berupaya menciptakan banyak peluang agar icon ikan asin menjadi lebih dikenal dengan cita rasa khas, higienis, berkelanjutan serta ekonomis" pukasnya.(JS)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama