Program 100 Hari Kerja Pertama Bupati Suhatri Bur: Pemlihan Ekonomi


Parikmalintang, CanangNews – Jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Padang Pariaman melaksanakan silaturrahim dengan Bupati dan Wakil Bupati peridoe 2021 – 2024. Kegiatan itu juga dihadiri unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan tokoh-tokoh masyarakat bertempat di aula kantor bupati – Parikmalintang, Jumat (26/2/2021) siang.


Acara silaturrahim ini dilaksanakan setelah acara pelantikan bupati dan wakil bupati oleh Gubernur Sumatra Barat di aula kantor gubernur – Kota Padang, Jumat pagi.


Dalam kata sambutannya, Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur SE MM mengucapkan terimaksih atas kepercayaan serta amanah yang diberikan untuk memimpin Kabupaten Padang Pariaman selama tiga tahun ke depan.



"Penanganan dan pencegahan penyebaran covid-19 tentunya menjadi prioritas kami pada tahun ini. Berkoordinasi dengan pemerintah pusat dan pemerintah provinsi, kita akan tetap berkomitmen melakukan langkah-langkah dalam menekan penyebaran covid-19 di Kabupaten Padang Pariaman. Selain itu, pemulihan ekonomi juga menjadi konsentrasi kami dengan menggeliatkan usaha mikro, kecil  dan menengah (UMKM) yang ada. Dengan demikian, kita harapkan ekonomi masyarakat segera bangkit kembali," ujarnya menerangkan program 100 hari kerja.


Didampingi Wakil Bupati Drs Rahmang MM, Suhatri Bur yang sebelumnya menjabat sebagai Wakil Bupati Padang Pariaman ini mengatakan, mewujudkan tata kelola pemerintahan yang lebih efektif menjadi prioritas utama dalam memimpin Padang Pariaman ke depan. Hal ini didukung oleh sumber daya manusia (SDM) aparatur pemerintah yang kompeten, memiliki integritas dan inovatif serta dituntut untuk terus berinovasi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat dan membentuk tata kelola pemerintah yang baik.


"Kita mengetahui bahwa dalam meningkatkan pembangunan ekonomi terdapat peran swasta yang lebih besar, yaitu sebesar 77% dibandingkan dana bersumber dari anggaran pemerintah yang hanya sebesar 23% kontribusinya. Untuk itu, pada tahun pertama ini kami bertekad untuk meningkatkan nilai investasi di Kabupaten Padang Pariaman dua kali lipat dari tahun sebelumnya, terutama untuk pengolahan kawasan wisata Malibou Anai yang akan dijadikan kawasan destinasi unggul di Sumatra Barat," ujarnya lagi.



Sebelumnya, Sekretaris Daerah H Jonpriadi SE MM dalam kata sambutannya mengatakan, atas nama pribadi, pemerintah kabupaten dan segenap masyarakat mengucapkan selamat atas pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Padang Pariaman periode 2021 – 2024, semoga dapat mewujudkan masyarakat yang lebih sejahtera.


"Melalui telegram dari Gubernur Sumatra Barat, kami ditunjuk sebagai pelaksana harian bupati Bupati Padang Pariaman sampai penetapan  bupati dan wakil bupati definitif. Hari ini berakhirlah tugas kami sebagai pelaksana harian bupati seiring dengan pelantikanya bupati dan wakil bupati periode 2021 – 2024," ulasnya.


Adapun yang menjadi tugas dia selama 10 hari menjadi pelaksana harian bupati sejak 17 Februari lalu, kata Jonpriadi, antara lain memfasilitasi kegiatan pelantikan bupati dan wakil bupati serta menyiapkan pembukaan kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) yang sesuai rencana akan dilaksanakan pada awal bulan Maret.



"Selain itu saat ini kita juga tengah memenuhi tuntutan pemerintah pusat untuk melakukan refocusing anggaran untuk penanganan covid-19 dan minggu depan akan  menyerahkan laporan keuangan daerah kepada Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) Perwakilan Sumatra Barat," katanya lagi.


Ia mengucapkan terimakasih kepada semua pihak atas dukungan yang diberikan dalam menjalankan tugas sebagai Pelaksana Harian Bupati Padang Pariaman. (R/ZT)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama