Sebanyak 93 CPNS Agam Ikuti Ketaspenan

0


 

Agam, (Sumbar)-Pemerintah Kabupaten Agam gelar sosialisasi ketaspenan bagi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan pemerintah itu, di aula Bappeda Agam, Senin (18/1).

Sosialisasi ini menghadirkan narasumber dari PT Taspen Persero Cabang Bukittingi dengan peserta 93 CPNS yang dibagi jadi dua sesi.

Menurut Sekretaris BKPSDM Kabupaten Agam, Sriyardevita, baru kali ini CPNS di lingkungan Pemkab Agam diberikan sosialisasi ketaspenan, karena ini menyangkut hak selaku CPNS.

“Pembekalan ini banyak manfaatnya untuk mengetahui tunjangan hari tua, kematian, kecelakaan kerja dan lainnya,” ujarnya.

Mona Afriyani Cani Dachi selaku narasumber menyebutkan, Taspen bergerak di bidang jaminan sosial untuk aparatur sipil negara, baik CPNS, pejabat negara, P3K, honorer, THL dan lainnya.

“Sebagai CPNS sudah ada hak dan kewajibannya. Jika telah masuk TMT CPNS-nya, maka sudah ada hak yang diterima. Kalau ada hak berarti harus ada kewajiban seperti pemotongan gaji,” terangnya.

Ia menjelaskan, pemotongan gaji pegawai baik CPNS maupun PNS besarannya sama yaitu 10 persen dari gaji pokok, tunjangan keluarga dan tunjangan beras.

Dari potongan itu, jelasnya, 2 persen untuk BPJS Kesehatan dan 8 persen untuk program Taspen seperti tabungan hari tua 3,25 persen dan pensiunan 4,75 persen.

“Setiap pengurusan Taspen tidak ada dipungut biaya apapun,” tegasnya.

Dikesempatan ini, Mona Afriyani Cani Dachi memaparkan secara detail terkait layanan taspen baik jaminan kecelakaan kerja, program pensiun, tabungan hari tua dan jaminan kematian. (PN/CN)

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(50)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top