Untuk Meningkatkan Kualitas, Manajemen RSUD Padang Pariaman Studi Tiru ke RSBP Batam

Batam, CanangNews – Pihak Manajemen Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Padang Pariaman berkunjung ke Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau, selama dua malam dua hari, Jumat (18/12/2020) malam dan kembali Minggu sore. Rombongan yang dipimpin Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Jonpriadi, diikuti Direktur RSUD dr Lismawati R SpPA M Biomed, beberapa pejabat struktural, Inspektur Kabupaten Hendra Aswara, Kepala Bagian Hukum dan HAM Rifki Monrizal serta unsur Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD).

Ketika dikonfirmasi CanangNews, Minggu (20/12/2020), Lismawati menyebutkan, mereka sudah berada di Bandara Hang Nadim untuk kembali ke Padang Pariaman. “Kami berangkat via Bandara Internasional Minangkabau (BIM), Kamis (17/12/2020) dan Jumat petang dengan pesawat pukul 18.00 WIB, memanfaatkan hari libur Sabtu – Minggu,” ujarnya.

Tujuan kunjungan, kata Dokter Lis, guna melakukan studi tiru ke Rumah Sakit Badan Pengusahaan (RSBP) Batam untuk meningkatkan kualitas pengelolaan sebagai Badan Layanan Umum (BLU). RS yang berdiri tahun 1971 ini sudah berubah status dari RS swasta menjadi RS pemerintah, Desember 2018.


Dalam pertemuan dengan pihak Manajemen yang dihadiri langsung oleh Direktur Utama RSBP dr Afdhalun Hakim SpJP FIHA FasCC, Wakil Direktur Keuangan, Wakil Direktur Pelayanan Medis dan Wadir Penunjang Medis, lanjut Dokter Lis, Rombongan RSUD Padang Pariaman  memperoleh banyak informasi terkait tata kelola keuangan BLU dan pola pelayanan menuju rumah sakit internasional.

RSBP Batam selain bagus dalam pelayanan seperti ruang tunggu yang nyaman dan alat kesehatan (alkes) yang lengkap, juga didukung lokasi yang sangat strategis dengan pemandangan yang indah,” ujar Dokter Lis.

Pada akhir pertemuan, Dokter Lis menyampaikan apresiasi dan terimakasih atas sambutan yang luar biasa dari pihak RSBP Batam, walaupun di sela kesibukan yang luar biasa. Saat ini RSBP Batam menjadi rumah sakit rujukan pasien corona virus disease 2019 (Covid 19).

Masing-masing pihak kemudian saling menyerahkan cendramata. Pihak RSUD Padang Pariaman menyatakan akan menerapkan pola pengelolaan keuangan dan pelayanan seperti di RSBP. Sedangkan pihak RSBP Batam menyanggupi akan melayani konsultasi langsung, baik via telepon / whatsapp maupun surat jika dibutuhkan oleh RSUD Padang Pariaman.

Menjawab pertanyaan CanangNews, Dokter Lis membenarkan, usai pertemuan dengan pihak RSBP – Sabtu siang – rombongan RSUD Padang Pariaman menyeberang ke Pulau Bintan guna mengunjungi beberapa objek wisata. Meski demikian, kegiatan pelayanan medis di RSUD Padang Pariaman tidak terganggu, berjalan normal. (ZT)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama