Bertindak Cepat, Dinsos P3A Bantu Korban Kebakaran

Sikucur, CanangNews -- Kepala Dinas Sosial Penberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos P3A) Kabupaten Padang Pariaman diwakili oleh Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial (Kabid Linjamsos) Drs Aprizondi MM menyalurkan bantuan logistik kepada korban kebakaran,  Senin (7/12/2020). Peristiwa kebakaran terjadi pada hari Minggu 6 Desember 2020 pukul 21.05 WIB malam tadi di Jerong Basuang ( dekat pasar), Korong Sungai Janiah, Nagari Sikucur, Kecamatan  V Koto Kampung Dalam. 

Ketika dihubungi CanangNews, Aprizondi menyebutkan, musibah itu menimpa 4 unit bangunan rumah warga. Kerugian ditaksir lebih kurang Rp800 juta yang meliputi keempat bangunan beserta isinya. 

"Tidak ada korban jiwa dalam musibah ini. Namun, 2 unit bagunan rumah ludes terbakar," ujarnya.

Data Kepala keluarga yang mempunyai bangunan  rusak parah terdiri dari (1) Erman, umur 61 tahun,  suku Jambak, pekerjaan tukang jahit, alamat Basuang - Korong Sungai Janiah (anggota keluarga 4 org). Selanjutnya, (2) Yelvina, umur 50 tahun, suku Tanjung, pekerjaan: ibu rumahtangga, alamat Basuang - Korong Sungai Janiah (anggota keluarga 2 org).

Mendapat laporan, Dinas Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Satpol PP & Damkar) langsung menurunkan 5 unit mobil pemadam kebakaran dari Kabupaten Padang Pariaman, Kota Pariaman dan Kabupaten Agam. Para petugas berhasil memadamkan api setelah berjuang selama 3 jam sampai pukul 00.05 dinihari Senin 7 Desember 2020. 

Bersamaan dengan itu, lanjut Aprizondi, pihaknya juga menyalurkan bantuan kepada Marniati di Basuang Tengah yang menjadi korban ditimpa pohon tumbang yang terjadi beberapa hari yang lalu.

Kabid Linjamsos Aprizondi yang didampingi oleh Camat V Koto.Kampung Dalam Vemi Tulalo, Taruna Siaga Bencana (Tagana), Pendamping Program Keluarga Harapan (PKH), Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) dan Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) mengingatkan masyarakat supaya selalu berhati-hati dan waspada karena cuaca yang tidak menentu, bencana bisa terjadi, seperti kebakaran, banjir, tanah lonsor dan angin kencang, 

"Selain bantuan logistik dari Dinsos P3A ini, semoga ada pihak-pihak yang berempati untuk meringankan penderitaan para korban, seperti donatur, para perantau dan muzakki. Sebab, rumah mereka beserta semua isinya telah habis terbakar. Mudah-mudahan Allah Yang Mahaagung memberikan ketabahan kepada para korban, aamiin ya Rabbal 'Alamiin," kata Aprizondi. (R/ZT)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama