Jalan Parit – Pegambiran Rusak Parah Sejak Lama


Pasaman Barat, Canang News Sejumlah ruas Jalan Kabupaten di Pasaman Barat (Pasbar) mengalami kerusakan. Sebagian di antaranya sudah dalam kondisi rusak berat dan sangat memprihatinkan.

Parahnya, ada yang sudah belasan bahkan puluhan tahun tidak pernah diperbaiki. Sehingga mengakibatkan lalu lintas dan transportasi terganggu. Bahkan, sudah banyak menimbulkan kecelakaan dan korban jiwa.

Di antara buktinya, Jalan Lintas Parit menuju Pegambiran, Kecamatan Koto Balingka. Kondisi aspal yang sudah berantakan terlihat jelas saat melewati Jorong Tamiang Ampalu, tak jauh dari kampung Tengah.

Beberapa titik kerusakan kondisinya sudah parah dan perlu perawatan segera. Menurut informasi yang diperoleh di lapangan, sudah sejak lama sebelum pemekaran daerah Pasaman, jalan ini telah banyak berlobang dan sebagian jalan aspal habis terkelupas.

Seorang warga yang melintasi jalan Sakirman mengatakan, jalan yang rusak tersebut sangat berbahaya bagi orang yang jarang ke sana dan tidak mengenali kondisi jalan. Sebab, kondisi jalan tersebut bisa menjadi perangkap dan dalam situasi kecepatan tinggi membawa kenderaan, bisa tak terkendali dan terjadi kecelakaan.

“Saya sudah sering melewati jalan ini, jadi saya sudah tahu kondisinya. Makannya ketika lewat di sini saya sengaja pelan-pelan dan berhati-hati. Namun, kadang jika kita terburu-buru akan rawan juga terjatuh, “ujar lelaki yang berprofesi sebagai pedagang tersebut.

Sepertinya memang pihak Dinas Pekerjaan Umum Pemerin Kabupaten Pasbar harus cepat tanggap dan segera menganggarkan untuk perbaikan ruas-ruas jalan yang rusak tersebut. Jika dibiarkan terus bisa berakibat lebih fatal lagi. Dalam hal ini, banyak warga di sekitar berharap adanya pengaspalan ulang berbagai titik jalan yang rusak tersebut. (irz)


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama