Rektor UNP: IPM Limapuluh Kota Tahun 2016, 67,65 %



LIMAPULUH KOTA,Canangnews---- Putra Kabupaten Limapuluh Kota, sekaligus Rektor Universitas Negeri Padang (UNP), Prof. Drs. H. Ganefri M.Pd., Ph.Ddiberikan kesempatan berpidato pada sidang paripurna istimewa Peringatan Hari Jadi Limapuluh Kota ke-176 di gedung DPRD, Bukik Limau Sarilamak, kemarin.

Pada kesempatan itu, Ganefri mengajak semua pihak bekerja sama membangun kampung halamannya, agar kesejahteraan dan peningkatan Sumber Daya Manusia(SDM) bisa terwujud. " Melalui hari jadi kabupaten ini, saatnya semua pemangku kepentingan bekerjasama membangun daerah ke arah yang lebih baik lagi," ujarnya dihadapan ratusan undangan yang hadir.

Dikatakannya, hal yang perlu dilakukan adalah meningkatkan angka Indeks Pembangunan Manusia (IPM) sebagai bentuk indikator untuk mengukur keberhasilan pemerintah dalam membangun kualitas hidup masyarakat. Menurutnya, demi terwujudnya hal itu, yang harus dilakukan adalah meningkatkan mutu pendidikan di Kabupaten Limapuluh Kota.

" Keberhasilan proses penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan dalam suatu daerah, dapat dilihat dari penyelenggaraan layanan dasarnya, yakni layanan pendidikan. Untuk itu, peningkatan mutu layanan pendidikan  wajib dilakukan, guna menghasilkan kualitas pembangunan manusia di Limapuluh Kota" ujarnya.

Diakuinya, Limapuluh Kota merupakan salah satu daerah di Provinsi Sumatera Barat yang Indeks Pembangunan Manusianya tertinggi dari daerah lain, namun hal itu masih jauh dari angka IPM yang dihasilkan Pemprov Sumbar dimana mencapai angka 69,98 melewati angka IPM Nasional.

" Untuk itu, mari kita bersama-sama meningkatkan mutu pendidikan  agar IPM di Kabupaten ini semakin meningkat. Hal itu terbukti, dengan pendidikan yang baik dan berkelanjutan akan menjadikan masyarakat hidup semakin sejahtera" ujarnya.

Dirinya meyakini melalui pendidikan ini, akan menjadikan kunci sukses keluar dari semua masalah, termasuk dengan rendahnya rata-rata angka pencapain IPM,  usia rata-rata hidup, kesejahteraan keluarga, dan kesehatan. " Saya yakin dengan memajukan mutu pendidikan ini, lima tahun kepemimpinan Irfendi Arbi-Ferizal Ridwan akan melewati angka IPM yang dihasilkan Pemprov Sumbar" Tutupnya.

Sementara itu, Bupati Irfendi Arbi mengatakan, apa yang diungkapkan Prof Ganefri merupakan saran, acuan dan motifasi bagi dirinya selaku pemerintah daerah untuk lebih meningkatkan mutu pendidikan, demi meningkatnya IPM di Limapuluh Kota.

Dikatakannya, saat ini  IPM Limapuluh Kota pada tahun 2016 adalah sebesar 67,65 % meningkat dari  66,78 % di tahun 2015. IPM itu sendiri merupakan komposit dari beberapa komponen yaitu angka harapan hidup, harapan lama sekolah, rata-rata lama sekolah, dan pengeluaran per-kapita.

"Dari komponen tersebut dapat diketahui bahwa dua komponen sangat terkait dengan pendidikan, dan yang lainnya terkait dengan kesehatan dan ekonomi"ujarnya.(Sardi)


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama