Wako Mukhlis Rahman : Maknai Event Pariaman Batagak Gala Menjadi Wujud Persatuan Suku

Pariaman, Canang News---Walikota Pariaman Mukhlis Rahman secara resmi membuka event Pariaman Batagak Gala di Rumah Tabuik Subarang disamping Kantor Balaikota Pariaman, Jumat (23/12) malam.

Pembukaan dihadiri oleh Ketua DPRD Kota Pariaman Mardison Mahyudin, Wawako Pariaman Genius Umar, Sekdako Pariaman Indra Sakti, Ketua, Sekretaris dan Pengurus LKAAM Kota Pariaman, Jajaran Bundo Kanduang Kota Pariaman, Muspika dan Muspida Pariaman, serta para tokoh adat dan tokoh kaum se-Kota Pariaman.

Dalam pidato pembukaannya, Mukhlis Rahman mengatakan kegiatan ini merupakan ajang pemilihan panghulu di Kota Pariaman dimana kepemimpinan seorang panghulu sangat berarti penting dalam menunjang pembangunan tata pemerintahan menuju pembangunan yang merata.

“ Hal ini dilakukan, selain menjadi event tontonan  masyarakat sebagai budaya minangkabau, juga bertujuan memperkuat keberadaan suku dan kaum dalam upaya menjadi mitra pemerintah daerah dalam mewujudkan masyarakat sosial yang beradat dan berilmu pengetahuan," kata Walikota.

Sementara itu, Sekretaris Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) Kota Pariaman Priyaldi dalam laporannya menyebutkan,  Batagak Gala adalah merupakan kegiatan yg diselenggarakan pemerintah Kota Pariaman dalam rangka malewakan Panghulu Suku se Kota Pariaman. Kemudian dalam kegiatan Pariaman Batagak Gala ini juga diselenggarakan kegiatan pertunjukan kesenian anak nagari seperti silek harimau lalok, randai, talempong goyang sipak rago, gandang lasuang, sumbang nan duo baleh, tari gelombang dan gandang tasa.

"Kegiatan ini adalah merupakan salah satu program LKAAM Kota Pariaman yang di rumus kan pada MUSDA II LKAAM Kota Pariaman tahun 2015 lalu, dan diajukan ke Pemkot Pariaman untuk di fasilitasi dan diperkuat dengan Perda Provinsi Sumatera Barat no 6 tahun 2016 memiliki kewajiban Mamaliharo sako dan pusako, serta memelihara adat dan budaya daerah," kata Priyaldi.

Dalam hal pengangkatan panghulu, sebut Priyaldi,  oleh kaum atau suku tidak ada intervensi dari lembaga manapun karena itu adalah hak kaum atau suku, dan semua lembaga, individu dan pihak lain juga tidak dapat menghalangi kalau ada kaum yang mengangkat panghulunya

Event ini akan berlangsung dalam tiga hari yakni dari tanggal 23-25 Desember 2016 yang akan dihadiri oleh Wakil Menteri ESDM yang juga Putra Asli Pariaman, Archandra Tahar ini,  yang akan ditutup dengan prosesi makan bajamba. (***)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama