PKBM Bina Saiyo Juara Pertama, Pada Lomba Pengelola PKBM Tingkat Sumbar


Pariaman, (Canang News)----Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Bina Saiyo Kota Pariaman Juara I Lomba Pengelola PKBM pada Hari Aksara Indonesia (HAI) ke-51 tingkat Sumatera Barat yang digelar di Pasaman Barat, 27-30 November 2016 lalu.

Dalam pelaksanaan digelar berbagai perlombaan antara lain kegiatan Lomba Pengelola Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM), Lomba Pengelola Taman Bacaan Masyarakat (TBM), Lomba Teaching Tutor Keaksaraan Fungsional (KF), Lomba Keberaksaraan Warga Belajar KF dan Lomba Stand Dinas kab/kota dan juga stand BPKB/SKB.

Tim kontingen Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Pariaman yang dipimpin oleh Kabid. PNF Drs. Pria Sapta Mulia, M.Pd. mengatakan, perlombaan kegiatan PNF yang digelar di Pasaman Barat.

Untuk kategori pengelola PKBM diikuti oleh Irja dari PKBM Bina Saiyo, kategori Pengelola TBM oleh Sugiarsih dari TBM Buah Hati Ibu, dan kategori Keberaksaraan Warga Belajar diikuti Nurbaiti dari warga belajar Keluruhan Cambung I, serta kategori Stand Pameran menampilkan berbagai kerajinan dan produk unggulan khas daerah Kota Pariaman yang merupakan hasil karya warga belajar.

“Kota Pariaman memperoleh Juara I pada lomba Pengelola PKBM dan Juara II Lomba Keberaksaraan Warga Belajar," kata Pria Sapta Mulia bangga.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Pariaman Drs. Kanderi, MM menambahkan, merasa bangga atas prestasi yang diraih irja dari Pengelola PKBM Bina Saiyo dan Nurbaiti dari warga belajar KF.

"Semoga prestasi yang diraih ini dapat dipertahankan dan harapan kami tahun depan kita dapat meraih prestasi yang lebih meningkat lagi serta meraih prestasi pada tingkat nasional," katanya.

Ia meninta kepada PKBM Bina Saiyo Pariaman Selatan selalu tetap eksis dalam melaksanakan pelayanan kepada masyarakat marginal menuntaskan buta aksara melalui pendidikan keaksaraan dan kesetaraan serta lembaga ini telah terakreditasi tahun 2017 nanti.

Sementara itu Ketua PKBM Bina Saiyo Irja berharap kepada pemerintah daerah agar lembaga PKBM tetap mendapatkan perhatian serius dan mensetarakan dengan lembaga formal baik bantuan sarana dan prasarana belajar maupun pengembangan SDM tutor dan.

REL/HMS

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama