Warga Sambut Gembira Kehadiran Kereta Api Railbus

Padang,(Canang News)---Setelah sukses  malakukan Padang ke Pariaman kini melakukan uji coba kereta railbus dari Kota Padang menuju Kecamatan Kayutanam  lewat Lubuk Alung hal ini tentu sebagai komitmen KAI dalam rangka menghubungkan antara satu daerah dengan lainnya di Sumbar," kata Vice President Drive II Sumatera Barat, Sulthon Hasanudin sebelum melepas uji coba railbus di Padang.

Dia mengungkapkan Kereta ini nantinya akan dioperasikan hingga Padang Panjang, namun karena kondisi geografi dan topografi wilayah kayu tanam ke padang panjang menanjak terlalu tinggi, maka perlu ada alternatif cara lain untuk mewujudkannya.

Ia menyebutkan uji coba kereta Rail Bus ini akan dilakukan  sambil menunggu keputusan pemerintah pusat hingga waktu yang tepat pengoperasiannya untuk penumpang.

"Kita ada proses kontrak dengan pemerintah, PT KAI sebagai operator yang menjalankan hanya bisa memaksimalkan standar keselamatan dan menunggu keputusan pemerintah untuk bisa beroperasi," katanya.

Bila nantinya jadi dioperasikan, sebagai permulaan kereta tersebut mempunyai rute Lubuk Alung- Kayu Tanam.Menurutnya sebelum beroperasi PT KAI akan melakukan program sosialisasi dengan masyarakat terlebih dahulu.Dalam melancarkan sosialisasi tersebut kepada masyarakat pihaknya tidak menarik biaya tiket yang pada rentang Juli sampai Agustus mendatang.

"Sejauh ini Kementerian Perhubungan khusus Perkeretaapian baru mempersiapkan satu kereta untuk dilakukan uji coba," kata dia.Ia mengatakan kereta railbus beroperasi sebanyak empat kali sehari dan jadwal keberangkatanya akan diatur dengan kereta sibinuang agar tidak terjadi benturan.

"Nanti kereta railbus ini akan berhenti di stasiun Lubuk Alung, penumpang yang menuju Kota Padang atau Kota Pariaman bisa transit menaiki Sibinuang di stasiun tersebut," katanya.

Terkait itu salah seorang warga kota Pariaman  Darman  menyambut baik dengan adanya ujicoba railbus itu, karena sangat membantu jika ingin bepergian ke daerah Kayutanam."Sangat bagus dengan adanya railbus itu kalau sudah beroperasi saya juga ingin mencoba untuk menaikinya," ujar dia.

(AD/CN)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama