Pasar Batusangkar Bakal Dibangun Baru Berlantai 4

0



Batusangkar, CanangNews-Tim Kementerian Perdagangan dan Kementerian PUPR serta Tim Teknis adakan rapat dengan Pemerintah Kabupaten Tanah Datar, Selasa (09/02) di Aula Kantor Bupati setempat. Rapat dipimpin Sekretaris Daerah Irwandi itu diikuti OPD terkait, Tim Teknis, dan PPTK BPPW Provinsi Sumbar.

Kepala Dinas Koperindag Darfizal mengataka,n terkait rencana pembangunan pasar atas Batusangkar sudah memasuki tahap pembahasan dan rencana pembangunan.

"Saat ini kita kedatangan tim Kementerian Perdagangan, Kementerian PUPR, Bidang Sarana dan Prasarana Proyek Strategis Nasional untuk melakukan justifikasi terkait proposal yang sudah disampaikan ke Kementerian Perdagangan untuk mendapatkan bantuan dana pembangunan Pasar Serikat C ini," ujarnya.

Terkait tehnis bangunan gedung dikatakan Darfizal, bangunan ditingkatkan menjadi 3 lantai dan menunjukkan identitas lokal yaitu tampilan rumah adat Minangkabau. Untuk daya dukung tanah, sudah dilakukan sondir di 6 titik, katanya.

“Di Tanah Datar ada 42 pasar, pasar serikat A dimiliki oleh satu nagari, pasar serikat B ada di beberapa nagari dan 1 pasar serikat C yang ada di ibu kota kabupaten yang langsung dikelola oleh pemerintah daerah, sementara pasar nagari dikelola oleh nagari dengan kondisi ada yang masih belum layak,” katanya.

Sementara itu Sekretaris Daerah Irwandi juga menyampaikan ucapan terima kasih dan beri apresiasi yang tinggi kepada tim atas respon usulan Pemkab Tanah Datar terkait rencana pembangunan Pasar Serikat C Batusangkar.

"Ini adalah angin segar bagi kita, sebuah kepastian dan harapan bagi kita bersama, dibagunnya sebuah pasar yang semi modern yang akan mampu menunjang perekonomian termasuk pariwisata di daerah kita, dari itu kita berharap rencana pembangunan ini bisa terwujud di tahun 2021 ini dan berlanjut di tahun 2022," katanya.

Sekda minta komitmen bersama, Tim Teknis, OPD terkait, kecamatan maupun nagari, karena membangun sebuah pasar tidak semata fisik namun juga ada sosial ekonomi dan budayanya.

Wildan Fikri dari Kementerian Perdagangan terkait struktur bangunan yang berlantai 4 termasuk basemen di lantai dasar tersebut, memberi saran lanatai satu untuk area perdagangan, lantai dua untuk kuliner, karena biasanya pembeli enggan untuk berbelanja di lantai dua maupun berikutnya, sehingga pedagang nanti akan kembali berjualan di pinggir jalan, katanya.

Wildan berharap apa yang telah dibangun dan diharapkan bersama seperti menata pasar, menata kota akhirnya tidak berjalan sebagaimana mestinya. (Erie)

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top