Parikmalintang, CanangNews - Sebanyak 114 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman tahun 2019 menerima Surat Keputusan (SK) Bupati Padang Pariaman. SK itu diserahkan langsung oleh Bupati Padang Pariaman Drs Ali Mukhni secara simbolis kepada perwakilan tenaga kesehatan dan tenaga teknis di Aula Kantor Bupati - Parikmalintang, Senin (4/1/2021).

Dalam kata sambutannya, Ali MUkhni mengucapkan selamat kepada seluruh CPNS yang telah lulus pada formasi yang telah dipilih. Selain itu, ia mengucapkan terimakasih pada panitia penyelenggara penerimaan CPNS yang telah melaksanakan tugasnya dengan baik.

"Kami atas nama Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman mengucapkan selamat kepada CPNS yang baru saja menerima SK. Kami menyadari bahwa kenyataan menunjukan sampai saat ini profesi sebagai pegawai negeri sipil walaupun dengan berbagai sorotan tetap menjadi pilihan utama bagi sebagian masyarakat dengan alasan karena mendapat upah yang tetap. Kondisi ini membuat persaingan menjadi PNS semakin ketat,” ujarnya.

Menurutnya, dari 3.876 orang yang mendaftar hanya lulus seleksi dan terpilih 114 orang yang telah melewati rangkaian proses penerimaan CPNS. ini menandakan bahwa semua CPNS ini merupakan putra-putri terbaik yang siap untuk menjalankan kewajiban sebagai pelayan publik.

“Dalam menjalankan tugas hendaknya seluruh CPNS ini  memiliki komitmen bahwasanya kita ini adalah pelayan masyarakat. Jangan ada satu orang masyarakat mengeluh terhadap pelayanan yang diberikan. Oleh karena itu, untuk menciptakan kenyamanan tersebut hendaknya semua aparatur selalu meningkatkan pengetahuan, wawasan, kepribadian dan etika. Sebab, suatu keberhasilan sangat tergantung pada kemauan dan kemapuan saudara untuk mengoptimalkan tugas yang diberikan,” ulas dia.

Ia mengingatkan semua aparatur agar selalu meningkatkan dan menunjukan kualitas diri karena sejatinya kepuasan seorang pegawai negeri sipil tidak ditentukan oleh besarnya gaji yang dia terima tetapi ditentukan oleh tingginya kepuasan dan kesejahteraan masyarakat yang dilayani.


Sebelumnya, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Drs Armeyn Rangkuti MSi melaporkan, sepanjang proses pengangkatan CPNS, formasi tahun ini yang paling lama karena terhalang oleh pandemi covid.

“Jumlah pelamar yang mendaftar pada CPNS di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman yakni sebanyak 3.876 orang dengan jumlah yang lulus admnistrasi sebanyak 3.201 orang. Selanjutnya, jumlah pelamar yang lulus seleksi kemampuan dasar sebanyak 308 dan yang lulus seleksi kemampuan bidang sebanyak 114 orang,” urai Armeyn.

Dari 114 orang CPNS tersebut, dibagi atas tenaga kesehatan pada puskesmas di lingkungan Dinas Kesehatan sebanyak 50 orang, tenaga kesehatan pada RSUD Padang Pariaman sebanyak 19 orang, tenaga teknis pada kantor camat sebanyak 5 orang serta tenaga teknis pada badan, kantor dan kantor  lainnya sebanyak 40 orang.

“Seluruh CPNS diwajibkan untuk mengikuti masa percobaan selama satu tahun dan mulai bertugas pada 5 Januari pada formasi yang telah ditetapkan,” katanya mengakhiri. (R/ZT)