Agam, -Momen kampanye calon kepala daerah akan menentukan arah pemerintahan untuk lima tahun kedepan. Santun dalam berkampanye akan membuat masyarakat termotivasi untuk terlibat dalam pelaksanaan pesta demokrasi.

Hal itu merupakan benang merah yang disampaikan Pjs. Bupati Agam, Ir. Benni Warlis, MM Dt. Tan Batuah dalam sambutan pelaksanaan deklarasi pemilihan aman, damai dan sehat yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Agam, Kamis (01/10).

Dipaparkan, dengan deklarasi pemilihan aman, damai dan sehat pada pemilihan serentak 2020, diharapkan dapat menghasilkan penyelenggaraan pemilu yang kondusif, sehingga berbagai tahapan pemilihan dapat berjalan secara optimal.

“Harapan saya kepada peserta pemilihan serentak agar bisa menunjukan sportivitas dan yang paling utama adalah santun dalam berkampanye,” ujarnya.

Dengan begitu, imbuhnya, simpati masyarakat akan dapat diraih, sehingga partisipasi politik masyarakat Kabupaten Agam dapat meningkat.

Pihaknya juga mengajak seluruh elemen penyelenggara dan peserta pemilu untuk bersama-sama berperan aktif dalam mewujudkan pemilu yang aman, damai dan sehat. Menurutnya pemilu yang aman, damai dan sehat akan menghasilkan sosok pemimpin yang berkualitas.

Sebagai Pjs. Bupati Agam, Ir. Benni Warlis, MM Dt. Tan Batuah juga mengharapkan masyarakat Kabupaten Agam dapat menjaga stabilitas dan keamanan selama tahapan kampanye. Pihaknya berharap masyarakat dapat menjalankan pelaksanaan pemilu badunsanak.

“Jadikan pemilu sebagai momen memperkuat kebersamaan serta menjalin silahturahmi di antara masyarakat serta memantapkan sinergitas yang mampu mendorong pembangunan mental masyarakat,” ujarnya.

Selanjutnya, Ir. Benni Warlis, MM Dt. Tan Batuah juga mengingatkan pelaksanaan kampanye dapat dijalankan dengan tetap menjaga protokol kesehatan Covid-19. Pihaknya berharap penyelenggara pemilu untuk dapat menjaga kesehatan agar dapat menjalankan tugas dengan optimal.

“Mengingat kita masih dalam situasi pandemi Covid-19, diharapkan semua pihak dapat menjaga kondisi kesehatan masing-masing hingga perhelatan pesta demokrasi selesai nantinya,” tuturnya. (BJR)