Agam, -Tim Penggerak PKK Provinsi Sumatera Barat melakukan evaluasi Gerakan Bersama Pakai (Gebrak) Masker di TP-PKK Kabupaten Agam, Rabu (16/9).

Kegiatan itu dipimpin oleh Sekretaris TP-PKK Provinsi Sumbar, Ny. Fatmawati, dihadiri Ketua TP-PKK Agam Ny. Vita Indra Catri didampingi sejumlah anggota PKK Kabupaten Agam.

Dalam kesempatan itu, PKK provinsi menyerahkan sejumlah APD dan masker untuk pengurus TP-PKK Kabupaten Agam.

Sekretaris TP-PKK Provinsi Sumbar, Ny. Fatmawati, menyampaikan Gebrak Masker tidak hanya diisi dengan kegiatan pembagian masker saja, namun juga edukasi pentingnya penggunaan masker dan penerapan protokol kesehatan, sekaligus kampanye hidup sehat kepada masyarakat.

Ia berharap gerakan hidup sehat ini menjadi kebiasaan dan peradaban baru dalam kehidupan sehari-hari. Gebrak Masker merupakan bentuk dukungan dari TP-PKK Provinsi Sumbar dalam rangka mendukung program pemerintahan dalam penanganan Covid-19 untuk seluruh kabupaten/kota di Sumbar.

Salah satu perwujudan itu, adalah dengan memberikan bantuan masker dan sejumlah APD bagi seluruh kabupaten/kota belum lama ini.

“Maka, hari ini kita lakukan monitoring apakah Gebrak Masker sudah berjalan di daerah itu atau belum. Melalui masker yang sudah diberikan,” jelasnya.

Menanggapi hal itu, Ketua TP-PKK Kabupaten Agam, Ny. Vita Indra Catri, mengatakan, bahwa kadernya berkomitmen menyukseskan gerakan Gebrak Masker untuk meningkatkan kepatuhan masyarakat dalam melaksanakan protokol kesehatan khususnya pemakaian masker guna memutus rantai penyebaran Covid-19.

Upaya yang telah dilakukan pihaknya di tingkat kabupaten adalah, menyerahkan bantuan APD maupun masker kepada tenaga kesehatan hingga ke tingkat kelompok dasawisma.

“Ada sekitar 2.080 pcs beserta sejumlah APD yang kita terima dari PKK provinsi sudah kita salurkan,” ujar Ny. Vita.

Tidak sampai disitu, saat mencanangkan Gebrak Masker tingkat kabupaten pada 19 Agustus lalu, pihaknya juga sudah menyerahkan bantuan masker sebanyak 2.500 lembar.

Selain bantuan provinsi, tak ingin ketinggalan, pengurus TP-PKK Kabupaten Agam juga ikut andil membantu kader PKK di 16 kecamatan berupa masker kain sebanyak 6.782 helai. Bantuan itu juga diberikan kepada Murid Baru TK Paud Melati yang merupakan binaan PKK Agam.

“Kita ingin menjadi bagian dari jiwa pemerintah dalam mensosialisasikan gebrakan pakai masker,” jelas Ny. Vita. (BJR)