AGAM, -Sejak, Senin (14/9) kemarin, Pelayanan kesehatan di Puskesmas Pembantu (Pustu) atau Polides di Kecamatan Ampek Angkek, Kabupaten Agam, untuk sementara dialihkan ke Puskesmas Biaro.

Menurut Kepala Puskesmas Biaro, Anisa Syofyana, pengalihan pelayanan dilakukan mengingat tingginya lonjakan kasus di wilayah itu, sehingga harus diwaspadai penyebarannya agar kasus ini tidak lagi mengalami peningkatan.

“Selama pelayanan di Pustu dihentikan, maka pelayanan hanya dilakukan di Puskesmas Biaro sampai kasus Covid-19 menunjukkan penurunan,” ujarnya.

Sementara itu, untuk Upaya Kesehatan Bersumber Masyarakat (UKBM) seperti posyandu balita, posyandu lansia dan posbindu PTM pelaksanaannya ditunda sampai batas waktu yang belum dapat ditentukan.

Upaya ini, katanya, untuk memutus mata rantai penularan Covid-19 antara tenaga kesehatan dengan masyarakat, serta memudahkan pengendalian dan pengawasan jika terjadi kasus ke depannya.

“Hal ini karena tenaga kesehatan memiliki risiko tinggi terhadap penyebaran Covid-19, maka untuk sementara pelayanan di Pustu atau Polindes kita alihkan ke Puskesmas,” sebutnya. (BJR)