Agam, -Bupati Agam, Dr. H. Indra Catri mengunjungi lokasi pemasangan tower combat di Sungai Guntuang, Nagari Pasia Laweh, Kecamatan Palupuah, Selasa (22/9).

Pemasangan tower combat ini sebagai upaya memfasilitasi masyarakat, terutama anak sekolah untuk mendapatkan jaringan internet, dalam mengikuti pembelajaran jarak jauh dengan sistem daring di masa pandemi Covid-19.

Saat ini Pemkab Agam tengah mengupayakan penyediaan jaringan internet, dengan melakukan pemasangan wifi difasilitas umum seperti sekolah, masjid, kantor pemerintahan dan lainnya.

“Hal ini sudah kita bicarakan dengan PT. Telkom, kalau ada 60 pelanggan yang diusulkan mereka siap membantu asalkan ada jaringan utamanya,” ujar Bupati Agam, Indra Catri.

Dengan begitu, pihaknya akan mencarikan 60 pelanggan, karena ada masjid, kantor nagari, jorong, puskesmas dan nanti ditambah rumah warga yang akan diusulkan.

Jika ini tercapai, maka diharapkannya Gerakan Agam Terkoneksi Internet dalam sebulan atau dua bulan ke depan sudah menampakkan hasil.

“Untuk tahap awal ini kita pasang dulu wifi sebanyak 150 titik di sekolah dan masjid yang sudah memiliki jaringan telepon,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Agam, Isra mengatakan, gerakan Agam terkoneksi internet akan membantu melancarkan pembelajaran jarak jauh dengan sistem daring ini.

“Ini akan mampu meringankan beban orang tua siswa, terutama dari keluarga kurang mampu dalam menyediakan jaringan internet untuk anaknya,” sebutnya.

Dikatakan Isra, bagi sekolah yang memiliki jaringan telepon siap untuk memasang wifi, karena sudah bisa dianggarkan melalui dana BOS masing- masing. (BJR)