Agam, -Bupati Agam, Dr. H. Indra Catri resmikan pemakaian wifi gratis untuk mendukung pembelajaran jarak jauh, dengan sistem Dalam Jaringan (Daring) di masa pandemi Covid-19, Selasa (22/9).

Wifi gratis ini diresmikan di SDN 03 Cingkariang, Kecamatan Banuhampu dan SD Islam Darul Makmur Sungai Rotan Batu Taba, Kecamatan Ampek Angkek.

Indra Catri mengatakan, menyikapi kondisi saat ini, pembelajaran tatap muka di sekolah masih belum bisa dilaksanakan, karena angka kasus Covid-19 belum menunjukkan penurunan.

“Hingga kini pembelajaran masih dilakukan secara daring, agar pendidikan anak-anak kita terus berjalan, ” ujarnya.

Namun, dengan sistem daring banyak persoalan yang timbul di tengah masyarakat, karena tidak semua anak mampu beli paket internet, memiliki perangkat, jaringan dan sarana pendukung lainnya.

Mengatasi hal ini, Pemerintah Kabupaten Agam bersama Baznas berkomitmen untuk menyediakan jaringan internet gratis dengan pemasangan wifi di sekolah dan masjid.

“Tahap awal ini kita pasang 50 titik untuk sekolah dan 100 titik masjid,” katanya.

Menurutnya, selain sekolah, masjid sangat memungkinkan untuk memberikan layanan internet secara merata, karena keberadaannya tersebar di tengah pemukiman masyarakat.

Untuk itu, bagi anak yang tinggal dekat masjid dan sekolah, mereka bisa memanfaatkan jaringan internet itu. Diharapkannya mereka belajar sambil berjemur supaya terhindar dari Covid-19, jika perlu didampingi orang tua.

Bupati dua periode ini mendorong seluruh kantor pemerintahan memasang wifi seperti kantor camat, nagari, jorong, puskesmas dan lainnya, supaya dapat menuju Agam terkoneksi internet. Sehingga tidak ada lagi anak yang terkendala internet dalam mengikuti pembelajaran dimasa pandemi ini.

“Tidak hanya itu, kita juga berharap masyarakat yang rumahnya punya jaringan telepon, agar memasang wifi supaya dapat membantu teman anaknya, tetangga serta masyarakat lain yang membutuhkan,” jelasnya. (BJR)