Agam, -TP PKK Kecamatan Kamang Magek, Kabupaten Agam, meraih juara I Pokja IV dalam pelaksanaan Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) Test tingkat Provinsi Sumatera Barat 2020. Penghargaan ini diserahkan Ketua TP-PKK Provinsi Sumatera Barat, Ny. Nevi Irwan Prayitno, dalam ragkaian kegiatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-48 tingkat Sumbar, di Auditorium Gubernuran, Selasa 11 Agustus 2020.

“Alhamdulillah, TP-PKK Kecamatan Kamang Magek tahun ini dipercaya menjadi yang terbaik dalam pelaksanaan IVA Test tingkat Sumatera Barat,” ujar pembina TP-PKK Kamang Magek, Rio Eka Putra, di Lubuk Basung, Rabu (12/8).

Untuk meraih prestasi ini, katanya, banyak persiapan yang dilakukan termasuk pembinaan dari TP-PKK kabupaten, bahkan menjelang penilaian TP-PKK kabupaten mengintensifkan pembinaan yang hampir 3 sampai 4 hari dalam sepekan.

“Selain itu juga dilakukan konsolidasi internal dengan berbagai pihak, terutama pihak kesehatan dari Puskesmas yang sangat mensupport pelaksanaan IVA test ini,” sebutnya.

Dengan begitu, dibentuk berbagai inovasi untuk percepatan capaian target pelaksanaan IVA Test diantaranya laskar IVA, armada IVA, web IVA dan lainnya, sehingga seluruh lini diberdayakan untuk kegiatan itu.

Rio yang juga selaku Camat Kamang Magek mengakui, awal pelaksanaan IVA Test pihaknya mengalami kesulitan dalam meyakinkan masyarakat, karena ini hal yang baru bagi mereka. Setelah diedukasi dan pemberian pembinaan serta sosialisasi, masyarakat mulai tergugah untuk ikut melakukan pemeriksaan.

“Kemudian kita buat kegiatan yang dapat mendongkrak partisipasi masyarakat khususnya pasangan usia subur bagi wanita untuk melaksanakan IVA Test, dengan metode aman, nyaman dan cepat,” imbuhnya.

Menurutnya, IVA Test ini sangat perlu dilakukan untuk mendeteksi kanker leher rahim, yang termasuk salah satu pembunuh wanita terbesar di Indonesia selain kanker payudara.

Atas prestasi yang diraih, jelasnya, TP-PKK Kamang Magek dipercaya mewakili Sumbar ke tingkat nasional, sehingga ke depan lebih merapatkan barisan dengan melakukan pertemuan dan mediasi atau fasilitasi bersama TP.PKK Agam.

“Informasi dari rekan kita yang pernah ikuti IVA Test tingkat nasional, penilaiannya sedikit meluas yang juga mencakup bagaimana kontibusi kabupaten terhadap pelaksanaan IVA Test tingkat kabupaten,” ulasnya.

Secara prinsip, kata Rio, indikator penilaian bagaimana IVA Test menjadi suatu hal yang umum dan tidak tabu lagi bagi masyarakat, kalau ini bisa dicapai ia optimis bisa lebih berbicara di nasional.

Oleh sebab itu, pihaknya akan berdiskusi dengan pihak terkait seperti Disdukcapil, DPMN, Dinas Sosial, Disdikbud dan OPD terkait lainnya, terkait apa yang bisa dipersamakan, karena ini tidak selesai di kecamatan saja, tetapi juga membutuhkan kontribusi dari kabupaten.

Sementara itu, Ketua TP.PKK Kamang Magek, Ny. Nesa Rio Eka Putra, berharap prestasi yang diraih dapat menjadi motivasi untuk lebih semangat lagi dalam mengajak dan mengimbau masyarakat melakukan pemeriksaan IVA Test.

Selain itu, kedepan harapannya, dengan prestasi yang diraih dapat meningkatkan kesadaran masyarakat terutama wanita subur untuk melakukan pemeriksaan IVA Test di puskesmas. (BJR)