Subscribe Us

header ads

Setelah Jalani Isolasi di Karantina Pemkab Padang Pariaman, Empat Pasien Dinyatakan Negatif Covid-19


Parikmalintang, CanangNews  Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Padang Pariaman Drs H Yutiardy Rivai Apt menyatakan rasa syukur ketika memimpin rapat koordinasi dengan para pejabat eselon III dan IV di lingkungan dinas tersebut, Senin 31/8/ 2020). Alhamdulillah… hari ini kita menerima laporan, empat pasien yang terkonfirmasi positif corona virus disease 2019 (covid-19) yang kita isolasi dinyatakan negatif,” ujarnya.

Ia menambahkan, pasien-pasien lain yang masih menjalani isolasi di tempat karantina yang disediakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Padang Pariaman mudah-mudahan segera menyusul negatif setelah melalui beberapa tahapan pemeriksaan.

Pasien yang dinyatakan sembuh setelah 2x konversi tes swab dengan hasil negatif adalah AW (perempuan, 43 tahun) – ASN – beralamat di Nagari Sungai Buluh, Kecamatan Batang Anai; NA (19 tahun) – mahasiswi – Nagari Parikmalintang; EY (perempuan,44 tahun) – ASN – Nagari Kasang, Kecamatan Batang Anai serta RS (pria, 32 tahun) – swasta – Nagari Sungai Buluh Utara, Kecamatan Batang Anai.


Sebelumnya, Kepala Bidang Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit (P2P) Dinkes dr Jasneli MARS melaporkan, pasien-pasien yang terkonfirmasi positif covid-19 yang sudah dinyatakan negatif ini melalui tahapan-tahapan pemeriksaan atau tes swab yang dilakukan oleh tim dari Bidang P2P.

“Laporan sementara, Senin 31 Agustus 2020, ada 8 kasus terkonfirmasi positif covid-19 di Kabupaten Padang Pariaman. Rinciannya, di Kecamatan Sungai Geringging 5 orang, Enam Lingkung 1 orang, Nan Sabaris 1 orang dan di Kecamatan VII Koto 1 orang,” kata Jasneli.

Dengan demikian, lanjut dia, di Kabupaten Padang Pariaman terdapat sebanyak 117 kasus terkonfirmasi positif covid-19. Rinciannya, masih dirawat 11 orang, isolasi mandiri 27 orang, isolasi pemkab 44 orang, meninggal 2 orang dan sembuh 33 orang.


Sementara itu, Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan (Yankes) Dinkes dr Syafrinawati MARS yang membawahi kegiatan karantina menyebutkan, selama proses isolasi pada tempat karantina semua pasien yang terkonfirmasi positif covid-19  mengikuti standar operasi prosedur (SOP), antara lain dengan megatur jadwal aktifitas yang harus dilakukan dan menyusun menu untuk asupan gizi sesuai dengan kebutuhan yang sudah diatur Tim Gizi Dinkes Padang Pariaman.

Dengan dinyatakan negatif pasien covid-19, tentunya tidak terlepas dari arahan pimpinan yang berada di GugusTugas Percepatan Pencegahan dan Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Padang Pariaman serta kerjasama tim lintas program dan lintas sektoral yang terlibat dalam pengawasan dan pengelolaan di dinas kesehatan,” ulas Dokter Rina.

Sedangkan Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat (Kesmas) Dinkes Hj Nurhayati SSiT MARS menyatakan keyakinannya, setelah 4 pasien covid-19 dinyatakan negatif  hari ini, mudah-mudahan besok dan hari-hari berikutnya menyusul lebih banyak lagi pasien terkonfirmasi covid-19 yang dinyatakan negative.


Kami yakin dan percaya, asal semua kita mematuhi protokol kesehatan dengan memakai masker, menjaga jarak dan menghindari kerumunan serta rajin mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir, upaya memisahkan dan memutus mata rantai penularan covid-19 akan terealisasi lebih cepat. Selain itu, agar kita selalu berdoa agar terhindar dari covid-19 ini,” katanya lagi. (MiLa / ZT)

Posting Komentar

0 Komentar