Agam, -Pemerintah Kecamatan Ampek Angkek, Kabupaten Agam, menggelar gerak jalan santai dalam rangka memperingati HUT ke-75 RI, Kamis (13/8).

Camat Ampek Angkek, Yogi Astarian menyebutkan, kegiatan ini diikuti ratusan peserta yang berasal dari seluruh aparatur pemerintah kecamatan dan nagari serta jajaran instansi lainnya di kecamatan itu.

“Kita berharap jalan santai ini menjadi simbol untuk menjaga kebugaran dan kesehatan meski peringatan HUT ke-75 RI dalam suasana siaga Covid-19,” ujarnya.

Kemudian mampu membakar semangat aparatur pemerintah terutama perangkat nagari yang harus tetap bekerja walaupun di tengah pandemi.

Para peserta jalan santai, katanya, nanti akan diberikan doorprize yang berasal dari tokoh masyarakat Kabupaten Agam dan Kecamatan Ampek Angkek, dengan hadiah utama 1 unit kulkas.

Sementara itu, Wali Nagari Ampang Gadang, Rifki Syaiful mengatakan, selaku tuan rumah pihaknya menyediakan fasilitas dan sarapan pagi untuk para peserta.

“Agar kegiatan ini lebih meriah, rekan kita di nagari dan lembaga nagari memasang umbul-umbul serta bendera merah putih di kawasan kantor wali nagari yang menjadi pusat kegiatan,” imbuhnya.

Rute yang ditempuh dalam jalan santai ini, ulasnya, lebih kurang sepanjang 4 sampai 5 kilometer. Start dari Kantor Wali Nagari Ampang Gadang, naik ke atas terus ke Nagari Batu Taba, kemudian dilanjutkan ke Nagari Pasia dan finis di Kantor Nagari Ampang Gadang.

Dalam memperingati HUT ke-75 RI ini, pihaknya juga menggelar beragam perlombaan tingkat nagari yang bakal dilaksanakan, Minggu (16/8).

“Lomba digelar seperti memasak nasi goreng, tarik tambang, makan kerupuk, dan lainnya yang bakal diikuti oleh masyarakat dan lembaga nagari,” sebut Rifki.

HUT ke-75 RI ini, ia memaknai sebagai momen pemersatu bagi seluruh masyarakat baik di ranah maupun perantauan, sehingga dapat mencapai sebuah cita-cita menuju Ampang Gadang yang gemilang. (BJR)