Sijunjung, Canangnews – Kejuaraan Catur Cepat KONI Sijunjung Cup 1 tahun 2020 dilaksanakan di gedung Pancasila Muaro Sijunjung, mulai Rabu (12/8/2020).


Kejuaraan non master itu dilaksanakan selama dua hari, yakni 12-13 Agustus 2020. Adapun tema yang di usung kali ini adalah ” Dengan Semangat kemerdekaan, kita tingkatkan prestasi atlet catur secara profesional di Kabupaten Sijunjung”.


Dibuka Bupati Sijunjung yang diwakili Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Ramler, SH., MM. pagi ini. Pembukaan juga dihadiri oleh Percasi pengprov Sumbar Asraf zawir, Ketua KONI Sijunjung H.Daswanto SE, Kadis Pemuda dan Olahraga Afrineldi, Ketua Percasi Pengkab Sijunjung M.Hatta dan Ketua Pelaksana Firdaus SE serta segenap pengurus KONI kabupayen Sijunjung.


Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Ramler, mengatakan, pemerintah mendukung penuh kegiatan tersebut, sebab dengan adanya kejuaraan catur cepat, bisa menjaring atlet atlet muda berbakat.

“Pemkab Sijunjung selalu mendukung setiap kegiatan olahraga daerah, termasuk catur yang memang selalu mengharumkan nama daerah dalam setiap even. Kita harapkan kerjuaraan ini menghasilkan bibit pecatur muda berbakat yang akan mengharumkan nama Kabupaten Sijunjung di kancah Kejurda, Kejurnas dan tingkat internasional,” ungkapnya


Ketua KONI Sijunjung H.Daswanto SE, didampingi Ketua Percasi Sijunjung M Hatta mengatakan, bahwa Turnamen catur cepat dilaksanakan dalam rangka HUT RI ke-75 dan melibatkan pelajar, mulai dari tingkat SD, SLTP dan SLTA serta umum dengan menerapkan protokol Covid-19 seperti menggunakan masker dan jaga jarak.


”Turnamen catur cepat KONI Sijunjung Cup 1 ini merupakan agenda KONI Sijunjung dan Pengcab Percasi, dimana khusus untuk peserta pelajar tidak dipungut biaya pendaftaran alias gratis. Sedangkan untuk kategori umum, senior putra dikenakan biaya pendaftaran sebesar Rp50 ribu dan senior Putri sebesar Rp30 ribu,” ujarnya.


Untuk kelompok pelajar, sebut Daswanto merupakan target utama untuk pembinaan dan pengembangan bakat. Apalagi, catur adalah Cabor andalan Kabupaten Sijunjung untuk meraih emas dalam setiap Porprov dan Kejurda.


“Mulai dari SD, SMP, dan SMA akan turut ambil bagian dalam catur cepat ini. Karena merekalah yang akan menjadi generasi penerus untuk menjaga nama besar Sijunjung dalam bidang catur, sekaligusmencari bakat pecatur muda, ”sebutnya usai pembukaan pertandingan tersebut.


Sementara itu, Ketua Percasi Sijunjung, Muhammad Hatta mengatakan, KONI Sijunjung Cup 1 ini didukung penuh oleh KONI Sijunjung.


Kunci dari banyaknya peserta kali ini ada pada baiknya jalinan komunikasi dan koordinasi antara Pengcab Percasi bersama panitia pelaksana dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sijunjung.


“Peserta terbanyak dari kalangan pelajar, karena mendapat dukungan dari dinas pendidikan. Harapan kita bersama, even ini akan melahirkan calon Master untuk even Kejurda tingkat provinsi Sumbar yang juga akan dilaksanakan pada Agustus 2020 ini,”pungkasnya.


Dari pengamatan media ini di tempat pelaksanaan pertandingan catur ini, peserta yang kebanyakan dari kalangan pelajar itu sangat antusias mengikuti pertandingan ini. Walaupun setiap peserta harus mengikuti 7 kali tanding, menang atau kalah dan akan di ambil skor tertinggi untuk pemenangnya.


Untuk hari pertama, peserta junior main 2 kali dan peserta senior main 3 kali sampai menjelang malam dan akan di srlesaikan esok harinya.


Adapun pelaksanaan pertandingan ini tetap mematuhi protokol covid 19, panitia tak bosan bosannya memperingatkan peserta dan audiens untuk menjaga jarak dan memakai masker.(TJP)