Padang, CanangNews -- Inovasi Pengurus Rukun Warga (RW) XIII Kelurahan Rawang, Kecamatan Padang Selatan, mendapat dukungan dari banyak kalangan, termasuk Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Padang Amril Amin. 

Inovasi dimaksud berupa pendirian Pos Keamanan Lingkungan (Poskamling) dan pembentukan  Kongsi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) yang diresmikan Camat Padang Selatan Teddy Antonius, Minggu (21/6/2020). 

Kegiatan itu dihadiri Lurah Nofiandi Amir SH, Bintara Pembina Desa (Babinsa) Serda TNI Pahala Silitonga, Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (
Bhabinkamtibmas) Bripka Ishak, Ketua RW XIII Vivi Elvia Djufri dan Sekretaris RW XIII Muhammad Riza Harry Susanto dan sejumlah tokoh masyarakat seperti Ir Rijal Islamy MSi. 

Pada kesempatan itu. Camat Teddy Antonius menyatakan apresiasi yang tinggi kepada RW XIII. Sebab, tidak hanya mendirikan poskamling, tetapi sekaligus merekrut dua personil perlindungan masyarakat (linmas) yang bertugas jaga malam mulai pukul 21.00 s.d 06.00 dengan dana swadaya warga. 

"Saya dapat laporan dari Pak Lurah Andi Amir, di kelurahan ini terdapat 14 RW, lima di antaranya sudah mendirikan poskamling. Tetapi, baru RW XIII yang sekaligus merekrut personil linmas lengkap dengan pakaian seragam standar plus alat komunikasi berupa handy talky (HT)," ujar Teddy yang hadir bersama isterinya, Evi Rozana yang merupakan Ketua Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kacamatan Padang Selatan. 

Saking terkesan terhadap inovasi RW 13 ini, Teddy secara spontan menyatakan akan menyumbangkan seperangkat alat pemanas air (dispencer) supaya petugas dapat menyeduh kopi di poskamling. "Saya minta Pak Lurah menjemput ke Kantor Camat, Senin besok," katanya lagi. 

Apresiasi yang sama juga dikemukakan Lurah Rawang yang lebih dikenal warga dengan nama Andi Amir. Sebagai pemimpin, ia datang tepat waktu, pukul 09.00 WIB, ke lokasi peresmian. 

Ia bahkan kembali mengundang camat menghadiri sosialisasi pembentukan Kongsi Covid-19 pada 14 RW dan 84 RT di kantor lurah, Senin (22/6/2020) siang besok. Kongsi ini sudah dibentuk RW XIII.

Ditemui Wartawan CanangNews menjelang peresmian, Ketua RW XIII Vivi Elvia Djufri menyebutkan, pendirian poskamling ini dibiayai sepenuhnya dengan dana partisipasi warga, termasuk untuk gaji kedua personil linmas plus pakaian seragam dan HT. 

Sesuai kesepakatan bersama, lanjut dia, setiap kepala keluarga (KK) di RW XIII menyumbang minimal Rp20.000 setiap bulan. Namun, sesuai laporan Ketua Rukun Tetangga (RT), malah ada yang menyumbang hingga Rp100.000 / bulan.

"Di RW XIII terdapat tiga RT dengan 160 KK. Kami pun sepakat, setiap Ketua RT cukup menyetorkan Rp1 juta / bulan. Jika dana terkumpul berlebih, jadikan sebagai kas RT," ujar Vivi. 

Sekretaris RW XIII Muhammad Riza Harry Susanto yang bertindak sebagai pembawa acara mengungkapkan, pendirian poskamling plus perekrutan dua personil linmas ini dapat mengatasi dua permasalahan, yakni mengurangi pengangguran dan solusi keamanan. 

Wakil Ketua DPRD Kota Padang Amril Amin yang tiba di penghujung acara langsung didaulat oleh Camat Teddy untuk memukul kentongan sebagai tanda peresmian, lalu memberikan kata sambutan. 

Amril Amin yang akrab dengan sapaan "Aciak" ini menyatakan dukungannya terhadap pendirian poskamling dan kongsi covid-19 di RW XIII Kelurahan Rawang ini dengan kesediaan membantu biaya operasional. 

Ia bahkan meminta pengurus 826 RW lain pada 104 kelurahan dan 11 kecamatan di Kota Padang agar mencontoh RW XIII Rawang, baik dalam hal kekompakan warganya maupun kepemimpinan Ketua dan Sekretaris RT. (Zakirman Tanjung)