Gadur, CanangNews – Wakil Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur bersama Komandan Komando Distrik Militer (Kodim) 0308 Pariaman Letkol Arm Heri Pujiyanto melaksanakan peletakan batu pertama program bedah rumah tidak layak huni di Nagari Gadur, Kecamatan Enam Lingkung, Kamis (5/6/2020).  

Kegiatan itu dalam rangka HUT ke-70 Kodam I/Bukit Barisan tahun 2020 sekakigus merupakan bentuk kepedulian pemerintah daerah dan TNI.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Padang Pariaman membantu anggaran bedah rumah tersebut sebesar Rp12.500.000, sedangkan Kodim 0308 Pariaman sebanyak 15 sak semen serta tenaga kerja untuk pembangunan dilakukan langsung oleh parajurit TNI secara bersama sama.

Pada kesempatan itu, Wakil Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur menyatakan, ini adalah bentuk kebersamaan. "Untuk dipahami masyarakat, jangan ada kecemburuan sosial karena ada aturan yang harus dipenuhi untuk mendapatkan program ini dari Baznas." 

Ia menambahkan, karena dana terbatas, program ini hanya 2 rumah perkecamatan, kecuali dalam keadaan tertentu. "Semoga lancar pembangunannya dan cepat dihuni dan dinikmati oleh pemilik rumah." 

Sedangkan Dandim 0308 Pariaman Letkol Arm Heri Pujiyanto mengatakan, sesama warga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) harus saling membantu apalagi terhadap tetangga. 

"Budaya orang Padang Pariaman adalah bergotong royong dan kebersamaan," ujarnya. 

Dandim juga meminta kepada masyarakat untuk selalu mewaspadai pandemi corona virus disease 2019 (covid-19) dengan selalu hidup bersih. Jika tidak, bisa merugikan diri sendiri serta orang lain.

Pemilik rumah, Dodi (48) dengan satu orang istri dan memiliki 5 orang anak yang masih kecil-kecil, mengucapkan terimakasih kepada Pemkab Padang Pariaman dan Kodim 0308 Pariaman atas bantuan yang diberikan.   

Setelah dari Gadur, Wakil Bupati Padang Pariaman bergerak ke Kecamatan Nan Sabaris guna membedah rumah Nova (46) dengan 4 orang anak yang masih kecil-kecil. Nova beralamat di Korong Kampung Ladang, Nagari Kuraitaji. (R/ZT)