AGAM, -Dinas Sosial Kabupaten Agam, didampingi Camat Lubuk Basung, Harmezi dan Wali Nagari Manggopoh, Ridwan, menyerahkan bantuan sembako kepada 5 KK yang sedang menjalani isolasi mandiri, di Kubu Anau, Senin (29/6).
Keluarga ini diduga pernah kontak langsung dengan DN, pasien baru yang terkonfirmasi Covid-19 kemarin. Mereka juga telah dilakukan swab test, tetapi hasilnya belum keluar.
Camat Lubuk Basung, Harmezi menyebutkan, dari 5 KK ini ada 10 orang yang dilakukan swab test, berasal dari keluarga dan tetangga, serta bidan desa tempat DN berobat sebelumnya.
“Sebelum hasil swab test nya keluar, ke-10 orang yang berasal dari 5 KK ini diminta untuk mengisolasikan diri di rumah dan tetap menerapkan protokol kesehatan,” ujarnya.
Dengan begitu, katanya Dinas Sosial Agam dan nagari memberikan bantuan sembako untuk kebutuhan selama melaksanakan isolasi.
Saat ini kata Harmezi, pihaknya masih menunggu hasil lab swab, karena 10 sampel swab sudah diantarkan ke Laboratorium Unand pagi tadi. Ia berharap hari ini hasilnya keluar, supaya dapat dilakukan penanganan lebih lanjut.
Sementara itu, Wali Nagari Manggopoh, Ridwan mengatakan, bahwa pihaknya mengaku kecolongan setelah diketahui seorang warganya terkonfirmasi positif Covid-19. DN pulang melakukan perjalanan dari Medan, sampai di rumah badannya kurang sehat dan memeriksanya ke Pustu. Kemudian Pustu merujuknya ke Puskesmas Manggopoh.
“Karena ada gejala Covid-19, maka pihak Puskesmas langsung mengambil sampel swab nya dan setelah hasilnya keluar, ternyata DN positif terinfeksi virus corona,” ujarnya.
Sehingga dilakukan tindakan pencegahan penularan dengan melakukan swab test terhadap orang yang pernah kontak langsung dengan DN. Sebelum hasil swab nya keluar, 10 orang yang diambil swab nya diminta mengisolasi diri di rumah. (BJR)