Parikmalintang, CanangNews – Bupati Padang Pariaman H Ali Mukhni memberikan bantuan kepada 150 Pimpinan dan Guru Pondok Pesantren se-Kabupaten Padang Pariaman, Rabu 13 Mei 2020 di Masjid Raya Kantor Bupati Parikmalintang.

Dalam kata sambutannya, Bupati Ali Mukhni mengemukakan  bantuan  ini merupakan wujud kepedulian dan bentuk perhatian kepada guru dan ulama yang telah membantu pemerintah daerah dalam mewujudkan Visi Padang Pariaman Cerdas, Religius dan Sejahtera. 

"Kuncinya ada di pondok pesantren, di samping sekolah umum dan madrasah," kata dia. 

Selanjutnya bupati menhingatkan agar jangan melihat besar atau kecilnya nilai bantuan, tapi lihatlah ini sebagai bentuk kepedulian pemerintah daerah kepada pimpinan dan guru pesantren. 

"Kita akan usahakan agar para pimpinan dan guru ponpes bisa mendapat bantuan rutin, minimal 3 bulan sekali dari badan amil.zakat nasional (baznas) atau pemerintah daerah (pemda) asal sesuai dengan peraturan yang berlaku," cetus Ali Mukhni. 

Pada kesempatan itu Bupati Ali Mukhni terus mengingatkan agar masyarakat tetap mematuhi protokol covid-19 yang berlaku tanpa terkecuali. Dia mencontohkan anak Kepala Dinas Peternakan yang kuliah di Fakultas Kedokteran dan baru saja pulang dari Medan, tetap melaksanakan isolasi mandiri selama 14 hari untuk keselamatan bersama.

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI )Padang Pariaman Buya Tk Sofyan menyampaikan ucapan terimakasih atas perhatian pemda pada fakir miskin serta penggiat keagamaan. Dia juga mengharapkan agar bantuan seperti ini terus berlanjut sehingga semakin mendekatkan hubungan pemda dengan ulama.

Sebelumnya, Ketua Baznas Syamsuardi Syurma dalam laporannya menjelaskan, bantuan yang diberikan kepada pimpinan ponpes sebanyak Rp1.250.000/orang dan guru ponpes sebesar Rp800.000/orang merupakan lanjutan bantuan kepada para penggiat keagamaan. 

"Beberapa waktu lalu juga sudah diserahkan bantuan kepada 1.475 KK dari dana baznas yang 95% berasal dari gaji PNS. Bantuan tersebut antara lain berupa BLT kepada 340 mubaligh/dai, 230 guru TPA/TPSA/MDTA serta 309 Imam/Khatib/Garin. Sedangkan menjelang Idul Fitri 1440 H juga akan disalurkan sekitar 5000 paket bantuan sosial kepada fakir miskin, lansia, anak cacat atau disabilitas dan para guru honor," ujar Syamsuardi.

Dalam acara hari ini diserahkan bantuan kepada keluarga TA dan HH, korban positif covid 19. Bantuan sejumlah 3.500.000 tersebut berasal dari pribadi Bupati Padang Pariaman, masing-masing diterima oleh Asyari (Camat Sintoga) dan Suhardi (Camat Batang Anai) untuk diteruskan kepada keluarga positif corona tadi. (BNU/R/ZT).