Subscribe Us

header ads

Covid-19, Riza Falepi Mundur dari Cagub Sumbar

Catatan Bagindo Yohanes Wempi

TIGA hari yang lalu seorang sahabat bertanya kepada penulis, "Apa benar Riza Falepi mundur sebagai Calon Gubernur Sumatra Barat (Sumbar) 2021-2026?" Penulis jawab, berdasarkan berita media, memang Kakanda Riza menyatakan mundur, tapi secara komunikasi pribadi penulis belum dapat penjelasan bahwa Walikota Payukumbuh itu memang mundur".

Namun, menurut penulis, sangat bagus dan merupakan sikap yang tepat saat ini beliau mundur dari Bakal Calon Gubernur Sumbar, di mana nagari sedang dilanda pamdemi virus corona. Apalagi di Sumbar, terkhusus daerah Payakumbuh, ada waraga yang terkena corona virus disease 2019 (covid-19). Jadi sangat kesatria mundur menjadi calon Gubernur Sumbar untuk menyelesaikan permasalah covid-19 di kampung halamannya.

Sangat tidak elok, Kota Payakumbuh sedang berduka, ada warga yang terkena covid-19, namun kepala daerahnya yang bertangung jawab sibuk hilir-mudik, mencitrakan diri mengurus masalah lain (sosialisasi diri sebagai bakal calon gubernur) dengan fasilitas covid-19 yang tidak ada hubungannya dengan amanah yang wajib diselesaikan. 

Ingat kasus Gamawan Fauzi, gubernur Sumbar yang meninggalkan jabatannya ketika Ranah Minang, Sumatera Barat, sedang luluh-lantak terkena gempa 2009. Akhirnya terjadi pro-kontra terhadap keputusan Gamawan Fauzi tersebut yang berujung kekalahan Prof Marlis Rahman di pertarungan Pilkada 2010. Itu termasuk imbas bawa mereka satu paket yang telah mengkecewakan warga Sumbar.

Jadi, menurut penulis, sangat tepat sikap Riza Falepi dari diri pribadi mundur sebagai calon gubernur dalam kondisi pandemi virus corona seperti ini demi kecintaannya kepada masyarakat Kota Payakumbuh yang dia pimpin. 

Namun, sikap mundur Riza Palepi tidak sesuai dengan keputusan atau budaya Partai Keadilan Sejahtera (PKS) selama ini. Sebab, sampai sekarang, Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PKS belum memutuskan siapa nama Bakal Calon Gubernur Sumbar dari kader yang akan diusung pada pemilihanm Gubernur Sumbar periode 2021-2026. PKS Pusat sekarang disibukan dengan urusan sikap tegas terhadap kebijkan pemerintah yang di luar keinginan rakyat Indonesia.

Sepengetahuan penulis, bagi PKS, jika kader sudah disuruh maju dilarang mundur jika tidak ada perintah atau keputusan mundur. Semula, Walikota Payakumbuh H Riza Falepi bersama Walikota Padang H Mahyeldi, merupakan dua kader PKS terbaik yang digadangkan sangat berpeluang untuk menjadi calon Gubernur Sumbar. Keduanya, merupakan kepala daerah dua periode di Payakumbuh dan di Padang. Mereka berdua punya peluang untuk merebut kursi gubernur.

Adapun alasan lain Riza memilih tidak maju ke pemilihan Gubernur Sumbar periode lima tahun mendatang karena hasil survei Mahyeldi lebih baik daripadanya. Hasil survei pemilihan Gubernur Sumbar pada bulan Desember 2019 menyatakan bahwa Mahyeldi lebih baik daripada dirinya. Hasil survei terakhir Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC).

Namun, survei Desember dengan bulan juni dan ke depan jika dilakukan survei lagi barang tentu hasilnya akan berbeda karena selama covid-19 ini Kota Payakumbuh termasuk daerah yang terbaik dalam menangani penyebaran virus corona. Dengan keberhasilan tersebut Walikota Payakumbuh mendapatkan penghargaan. Bisa jadi survei Mei ini atau Juni nanti posisi Riza akan naik.

Pilihan mundur Riza Falepi sebagai calon gubernur Sumbar sangat beralasan, menurut penulis, demi kecintaannya terhadap kampung halamannya, Kota Payakumbuh. Dalam pemberitaan media massa Riza menyatakan, lebih baik fokus melakukan pencegahan dan menghentikan laju peredaran wabah virus corona di Payakumbuh ketimbang berburu kursi Gubernur.

"Saya harus menyelamatkan rakyat Payakumbuh dari ancaman covid-19. Jadi, saya tak berpikir lagi dengan hal-hal lain, termasuk dengan percaturan politik, pemilihan gubernur dan lainnya," kata Riza menegaskan sikapnya.

Ia nemohon maaf jika mengecewakan hati para pendukung dan menyatakan terimakasih atas dukungan yang diberikan selama ini. "Semoga Allah Subhanahu Wa Ta'ala memberi pahala setimpal atas keikhlasan semua warga, dalam memberikan dukungan selama ini kepada saya,” tutur Riza yang penulis kutip.

Dengan pilihan mundur Riza Galeri,  penulis memberikan cap jempol, salut sekali! Demi rasa tanggung jawab yang tinggi terhadap amanah sebagai walikota. Riza mau mundur dari pertarungan bergensi sebagai Gubernur Sumbar. Sampai hari ini penulis masih memiliki kesimpulan, jika Riza maju jadi BA 1 Sumbar, peluangnya untuk menang dan terpilih memang sangat tinggi. [*]

Posting Komentar

0 Komentar