Sikabaluan Canangnews ,Puskesmas Muara Sikabaluan Bersama Aparatur Pemerintah setempat terus lakukan penyemprotan disetiap rumah warga Masyarakat ditempat tersebut .

Hal tersebut sampai saat ini masih dilakukan oleh tim gugus tugas penanganan Covid 19 khusus daerah Sikabaluan Kecamatan Siberut Utara mulai dari kantor,gedung sekolah dan rumah warga dan lokasi yang acap di sentuh oleh warga masyarakat sebagai bentuk salah satu antisipasi adanya virus yang menular tersebut .

Kepala Puskesmas Muara Sikabalauan Marojahan Sitorus mengatakan bahwa hal itu sampai saat ini masih terus di lakukan dengan tujuan memutus mata rantai penyebaran Covid 19 yang kabarnya cepat berkembang untuk itu penanganan mesti harus diperketat salah satunya pengecekan suhu tubuh  bagi setiap orang yang datang .

" Petugas sudah kita sebar dibeberapa tempat untuk melakukan pemantauan secara menyeluruh juga Penyemprotan dan pengecekan terhadap warga masyarakat sekitar sikabaluan sehingga dapat dipastikan aman namun dengan kerja sama untuk memutus mata rantai penyebaran Covid 19 maka semua dapat dilakukan " ungkapnya kepada awak media Sabtu 18/4/20.

Marojahan juga menambahkan bahwa pihaknya selalu rutin melakukan pemantauan pelaku perjalanan diwilayah kerja puskesmas muara sikabaluan, dan pelaku peejalanan yang  datang dari padang pada kapal terakhir yaitu tgl, 31 maret .

"Untuk Pelaku perjalanan yang dikarantinakan secara mandiri dirumah selama 14 hari telah selesai dilakukan pantauan  dan dinyatakan sehat2 saja semuanya untuk itu warga juga diminta untuk patuhi aturan demi menekan angka penyebaran Virus tersebut "sebutnya .

Gunakan masker bila bepergian keluar rumah dan jangan lupa mencuci tangan pakai sabun pada saat mau masuk kerumah keluarga bila ada keperluan dan jaga jarak satu meter demi keamanan bersama tegas Marojahan .

"Ayobersama kita perangi Covid 19 khususnya di wilayah kita Sikabaluan ini dengan menjalan pola hidup sehat dan bila perlu sediakan galon air dan sabun biasa didepan rumah untuk mengantisipasi juga membersihkan tangan dari virus sebagai salah satu antisipasi lanjutnya "

Dari pantauan Canangnews semua warga turut serta ambil bagian dalam memutus mata rantai Covid 19 dengan menjalankan aturan dan menyediakan air bersih di teras rumah .

Bukan hanya itu saat pada saat ini juga penyemprotan dipekarangan warga masyarakat terus dilakukan mulai dari dusun nang-nang  sampai muara masih dilakukan penyemprotan dan upaya lainnya dalam memutus mata rantai penanganan Covid 19.

Hal tersebut juga dilakukan oleh desa Sikabaluan dengan menyediakan anggaran khusus dari Desa Sehat untuk penanganan Covid 19 yang perlu diapresiasi dengan tujuan untuk memberantas Virus secara menyeluruh di Sikabaluan .(Johan)