Tuapeijat Canangnews ,Mahasiswa asal Pogari yang dinyatakan positif saat Rapid Test beberapa hari yang lalu kini telah Resmi dinyatakan Suspek Corona berdasarkan hasil Swab Labor unand pada saat temu pers bertempat di Gedung Pertemuan Kantor Bupati km 5 Tuapeijat .

"Pasien Dalam Pengawasan (324.I) tersebut  adalah seorang mahasiswi yang tengah menjalani karantina di Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Kepulauan Mentawai dengan  riwayat perjalanan dari Jakarta dimana pasien telah di Rapid Test Hingga dinyatakan Positif saat ini resmi dari Labor Unand melalui PCR Ungkap Lahmuddin Siregar Kepala Dinas Kesehatan selaku Juru Bicara Penanganan Covid 19 kepada awak media saat jumpa pers Minggu 12 /4/20.

Dilanjutkan Lahmuddin ,awalnya wanita asal Pogari sudah di karantina dituapeiajt tepatnya di Rumah Sakit Umum Daerah Mentawai pada  tanggal 27 Maret 2020.

"Uji cepat Antibodi (Rapid Test) pada tanggal 8 April 2020 memberikan hasil positif sebanyak 2 kali sehingga tim  gugus
tugas melanjutkan mengirim spesimen ke Kota Padang "ucapnya

dikatakannya ,Pada tanggal 10 April 2020 telah dikirimkan spesimen dalam rangka pemeriksaan swab di Laboratorium Diagnostik Penyakit Infeksi FK Unand dan telah diperiksa tanggal 11 April 2020 dengan nomor lab 37.A38.0001 .

"Berdasarkan Surat Kepala Pusat Diagnostik dan Riset Penyakit Infeksi FK Unand No. 63/04/PDRPI-FK/2020 tanggal 12 April 2020 yang ditandatangani langsung oleh Bapak Dr.dr. Andani Eka Putra, pasien 324.I dinyatakan positif " lanjutnya

Namun meskipun demikian pihak Rumah Sakit Umum Daerah kabupaten Kepulauan  Mentawai melihat aktifitas masih lancar dilakukan oleh pasien seperti main hp dan aktifitas lainnya .

"Kita tetap memantau aktifitas pasien yang tengah jalani karantina di Rumah Sakit Umum Daerah dengan aktifitas yang acap dilakukan pasien biasa"

Disamping itu Sekretaris Gugus Tugas  Nopriadi mengatakan penyemprotan tetap akan dilakukan dan mulai diberlakukan pengecekan secara menyeluruh dengan tugas dengan segala upaya

Terkait pasien PDP tetap di Mentawai dan dilakukan karantina fokus menangani hal tersebut ia berharap pasien dapat ditangani dengan cepat dan sembuh ia berharap Mentawai dapat kembali normal seperti sedia kala tutup dia .