Kejurnas Gantolle, Pemandangan di Bukit Kanter Sangat Menakjubkan

0

Batang Anai, CanangNews -- Bupati Ali Mukhni membuka Kejuaraan Nasiomal Gantolle Piala Bupati Padang Pariaman 2020. Kejuaraan ini berlangsung di Bukit Kanter, Kecamatan Batang Anai, Jum'at (6/3/2020).

Turut mendampingi bupati antara lain Kasrem 032 Wirabraja, Kadispotmar Lantamal II Padang, Kadis Operasi Lanud Sutan Syahrir, Forum Kordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Padang Pariaman, Ketua Gantolle Indonesia, Ketua Gantolle Provinsi Sumatera Barat, Ketua Paralayang Provinsi Sumatera Barat serta Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Yurisman SP MM. 

Ketika menyampaikan kata sambutan, Ali Mukhni menyatakan apresiasinya atas pelaksanaan Kejuaraan Nasional Gantolle yang diikuti oleh 70 atlit dari seluruh Indonesia ini.

Ia juga menyebutkan, kejurnas ini akan dilaksanakan setiap tahun dan akan didukung sepenuhnya oleh Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman.

"Kami siap menyambut kedatangan atlit gantolle dari seluruh Indonesia, bahkan dari seluruh dunia," ujarnya.

Untuk kejurnas tahun depan, ulas Ali Mukhni, akan difasilitasi tempat penginapan pada Embarkasi Haji Provinsi Sumatera Barat yang terletak tidak jauh dari lokasi perlombaan.

"Kami di sini menyuguhkan pemandangan yang luar biasa indah dari atas bukit kanter yang belum tentu ditemukan di tempat lain. Pemandangan di Bukit Kanter ini sangat beragam. Jika kita melihat ke arah barat ada hamparan laut dan embarkasi haji serta Bandara Internasional Minangkabau. Sedangkan jika melihat ke arah timur akan tampak Pegunungan Bukit Barisan yang sangat menawan." katanya mengakhiri.

Senada dengan itu, Ketua Gantolle Indonesia Dr Ing Alda Manda. A Lubis mengakui, pemandangan di Bukit Kanter ini memang sangat menakjubkan, jarang ditemui di Indonesia.

Ia menyampaikan ucapan terimakasih kepada Bupati Padang Pariaman yang sudah memfasilitasi kejurnas gantolle ini.

Kajurnas gantolle yang merupakan jenis olahraga aero sport ini dilaksanakan selama 3 hari hingga
Minggu  8 Maret 2020.

Gantolle atau layang gantung merupakan olahraga angin.  olahraga rekreasi atau kompetitif yang berhubungan dekat dengan gliding, tetapi menggunakan pesawat yang lebih sederhana yang kadangkala hanya terdiri dari sayap kain yang berangka-metal, dengan pilot berada di sebuah harness yang menggantung dari kerangka sayap dan melakukan kontrol dengan menggerakan badan terhadap rangka yang berbentuk segitiga yang juga menempel di kerangka utama.

Eksperimen awal dengan penerbangan gliding dilakukan pada akhir abad ke-19 oleh pioneer seperti Otto Lilienthal. Pesawat ini sekarang ini dikenal sebagai hang glider. (AWT/ZT)

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top