Subscribe Us

header ads

Ir Ali Amran MP: Darurat Covid 19, Pra Musrenbang Tetap Jalan


Parikmalintang, CanangNews -- Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman tetap melaksanakan tugas rutin pelayanan, perencanaan dan pelaksanaan program pembangunan meskipun dalam situasi darurat corona virus desease (covid) 19. Hanya saja, polanya disesuaikan dengan kondisi. 

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Padang Pariaman Ir H Ali Amran MP menjelaskan hal itu ketika menjawab pertanyaan wartawan via telepon, Jumat (27/3/2020) pagi. 

        Kegiatan pra musrenbang 

Dalam hal ini, kata dia, Bappelitbangda sudah memfasilitasi pelaksanaan pra musyawarah perencanaan pembangunan (musrenbang) tahun 2021. Kegiatan ini berlangsung di Aula Kantor Bupati, Parikmalintang, 23 - 24 Maret 2020, dengan pola sesuai kondisi darurat covid 19, diikuti Pimpinan dan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), Organisasi Perangkat Daerah (OPD) serta Camat. 

Kegiatan pra musrenbang ini, lanjut Ali Amran, merupakan verifikasi usulan yang disampaikan dari hasil musrenbang kecamatan lalu di disesuaikan dengan yang menjadi kewenangan kabupaten dan menjadi urusan OPD. 

"Hal ini sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) nomor 90 tahun 2019 tentang Klasifikasi,  Kodefikasi dan Nomenklatur Perencanaan Pembangunan dan Keuangan Daerah,  sekaligus sinkronisasi dengan rencana kerja OPD dan pokir DPRD dalam rangka penyusunan rencana kegiatan pemerintah daerah (RKPD) tahun 2021," ujar Ali Amran. 

Selanjutnya,  Bappelitbangda menjadwalkan kegiatan musrenbang kabupaten untuk menyusun rencana kegiatan pembangunan dan rencana anggaran pendapatan dan belanja daerah (RAPBD) tahun 2021. 

"Musrenbang kita rencanakan Kamis 26 maret 2020 kemarin. Namun,  menyikapi situasi yang berkembang tentang mewabahnya covid 19, sejalan dengan himbauan untuk tidak melaksanakan pertemuan melibatkan banyak orang, maka musrenbang dibatalkan sampai waktu yang ditentukan kemudian. Sebab, akan menghadirkan banyak pihak seperti DPRD,  OPD,  Camat,  Walinagari, dan Ormas," katanya lagi. 

Ia menambahkan, kemungkinan musrenbang dengan video teleconference akan jadi pertimbangan. (ZT)




Posting Komentar

0 Komentar