AGAM,-Nagari Pakan Sinayan, Kecamatan Banuhampu, Kabupaten Agam melaksanakan penyemprotan disinfektan di rumah ibadah yang ada di nagari itu, Selasa (24/3).
Sebelum penyemprotan, juga dilakukan aksi bersih-bersih seperti mencuci karpet, mukena, pel lantai serta membersihkan perkarangan masjid dan mushala.
Hal ini sesuai dengan instruksi Bupati Agam, Dr. H. Indra Catri, tentang pencegahan penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).
Wali Nagari Pakan Sinayan, Hendri Supatman Dt. Kayo Nan Kuniang menyebutkan, untuk sementara masjid atau mushala tidak pakai karpet dan mukena yang biasanya tersedia di masjid disimpan dulu. Untuk itu, bagi jamaah yang melaksanakan ibadah, agar membawa sejadah dan mukena dari rumah masing-masing.
“Kita mengharapkan masyarakat memaklumi situasi di lapangan terkait penyebaran Covid-19. Karena ini salah satu langkah mengatasi virus agar tidak menyebar lebih luas,” sebutnya.
Disebutkan, kegiatan ini dilaksanakan bersama aparatur nagari, babinkamtibmas, babinsa, bidan desa, dan warga. Mereka bahu membahu melakukan aksi bersih-bersih ini.
Instruksi Bupati Agam ini sudah dilaksanakan diberbagai rumah ibadah sejak beberapa hari lalu. Baik pengurus masjid, ASN maupun masyarakat, semua bersatu melaksanakan kegiatan tersebut. (BJR)