Paritmalintang, CanangNews -- Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Padang Pariaman Drs H Yutiardy Rivai Apt menyampaikan terimakasih kepada jajaran dinas yang dipimpinnya, khususnya Puskesmas Sikucur, yang telah memberikan pelayanan  dan dukungan kepada Yusuf (7 tahun). Yusuf sebelumnya mengalami lumpuh secara tiba tiba. 

Ungkapan terimakasih itu dia kemukakan di kantornya, Parikmalintang, Senin (10/2/2020). 

Menurut Yutiardy, Yusuf mendadak lumpuh, pertengahan Januari lalu. Ketika dikunjungi oleh petugas puskesmas, kondisi yusuf dalam keadaan lumpuh. Orangtuanya menyebutkan, sebelum mengalami kelumpuhan, Yusuf mengeluhkan sakit pada kakinya dan tidak mau makan. 

Melihat kondisi Yusuf, petugas puskesmas merujuk anak itu ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Parikmalintang, 16 Januari 2020. Akan tetapi, Yusuf tidak memiliki Kartu Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Petugas pun membantu proses JKN dan menganjurkan orangtuanya  memohon bantuan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) untuk biaya di rumah sakit. 

Pada hari Jumat 17 Januari 2020, Kadinkes bersama Kabid Kesmas Nurhayati SSiT MARS dan Kabid Yankes dr Syafrinawati MARS beserta staf membezuk langsung Yusuf dan memberikan dukungan kepada keluarganya agar dapat mengikuti anjuran dokter.

Beberapa hari dirawat Dokter Spesialis Anak menyatakan Yusuf boleh pulang dan dilanjutkan perawatan di rumah. Selama ini petugas selalu melakukan intervensi  terhadap kondisi Yusuf dengan memperhatikan asupan gizi dengan memberikan makanan tambahan dan konseling. (Mila / ZT)