Forum Konsultasi Tahapan Penting Penyusunan RKPD


Parikmalintang, CanangNews --  Program dan kegiatan organisasi perangkat daerah (OPD) harus memiliki manfaat bagi kehidupan masyarakat.

Sekretaris Daerah Kabupaten Padang Pariaman H Jonpriadi SE MM mengemukakan hal itu saat membuka acara Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Padang Pariaman tahun 2021 di Aula Bapelitbangda (Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah-red), Selasa 25 Februari 2020.

Lebih lanjut Sekda mengatakan, hasil konsultasi publik akan mewujudkan sinkronisasi antara perencanaan yang telah disusun di seluruh tingkatan pemerintahan daerah kabupaten / kota serta di tingkat provinsi dan nasional.

"Forum ini merupakan tahapan penting dari rangkaian proses penyusunan RKPD Padang Pariaman tahun 2021. Oleh karena itu, untuk mendapatkan hasil yang lebih baik, lakukanlah dialog yang konstruktif, terarah dan sesuai dengan kewenangan masing-masing sehingga melahirkan gagasan dan usulan yang strategis yang nantinya dapat mewujudkan RKPD Kabupaten Padang Pariaman tahun 2021 yang benar-benar aspiratif sekaligus operasional serta mampu mengatasi berbagai permasalahan yang kita hadapi bersama," katanya mengakhiri sambutan.

Sebelumnya, Sekretaris Bappelitbangda, Masri S. ST.MM menjelaskan bahwa kegiatan tersebut diharapkan akan mampu memberi gambaran mengenai arah dan kebijakan pembangunan serta untuk memperoleh masukan dan saran penyempurnaan untuk rancangan awal RKPD Kabupaten Padang Pariaman tahun 2021.

Pada sesi berikutnya, narasumber inti dari Kepala  Bappelitbangda, Ir Ali Amran MP memberikan materi mengenai perkembangan capaian kinerja pembangunan tahun sebelumnya, seperti dalam pertumbuhan ekonomi, Indeks Pembangunan Manusia (68,90 tahun 2017 menjadi 69,71 pada 2018),  Capaian Kinerja Pendidikan (angka rata-rata lama sekolah dari 7,21 menjadi 7,50) serta capaian di bidang kesehatan (Indikator Harapan Hidup dari 67,96 menjafi 68,23).

Di samping capaian, Ali Amran juga menyampaikan berbagai permasalahan yang masih perlu terus dibenahi, seperti Reformasi Birokrasi yang belum mencapai sasaran maupun perlambatan laju pertumbuhan ekonomi dan penurunan tingkat kemiskinan.

Hadir pada kegiatan  itu Staf Ahli, Asisten, Kepala OPD, Camat, praktisi dan akademisi serta pimpinan ormas dan organisasi profesi di lingkungan Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman. (ZT)

Komentar Anda

Lebih baru Lebih lama