AGAM, CanangNews--Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Agam tahun ini mendapatkan bantuan Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp9,5 miliar dari pemerintah pusat.

Dana yang bersumber dari DAK Perpustakaan Nasional (Perpusnas) tersebut, digunakan untuk membangun gedung baru perpustakaan daerah yang lebih representatif dan nyaman.

Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Agam, M. Arsyid di Lubuk Basung, Selasa (14/1) menyebutkan, pelaksanaan pembangunan direncanakan awal tahun ini dan untuk gambar konstruksinya sudah disediakan. Namun pihaknya saat ini masih dalam tahap penyempurnaan RAB, karena ada beberapa perubahan pada gambar.

“Gedung bakal dibangun dengan leter L di Jalan Piliang Nomor 1 Lubuk Basung, tepatnya di lokasi kantor Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Agam, rumah dinas Sekda Agam dan rumah dinas Wakil Bupati Agam yang ditempati sekarang,” jelasnya.

Menurutnya, sekda dan Wakil Bupati Agam tidak lama lagi akan menempati rumah dinas baru berdekatan dengan rumah dinas Bupati.

Untuk itu, pihaknya bakal mengupayakan minggu ketiga Januari 2020 RAB sudah rampung, dan segera dilakukan pelelangan. Supaya Februari 2020 pengerjaan gedung perpustakaan ini bisa dimulai setelah pemenang lelang diumumkan.

“Gedung akan dibangun sesuai standar yang ditetapkan nasional, dengan konstruksi berlantai dua,” tukasnya.

Ia mengharapkan, dengan akan dibangunnya gedung baru perpustakaan, nantinya pengunjung merasa nyaman dan betah untuk membaca di perpustakaan. Sehingga mampu meningkatkan minat baca masyarakat ke depannya. 

Dalam Hal ini, Bupati Agam, Dr. H. Indra Catri Dt. Malako Nan Putiah setiap ada kesempatan selalu menghimbau orang tua untuk mengajak anak agar lebih rajin membaca. hal ini supaya anak terbiasa dengan literasi dan dapat melahirkan serta mendidik menjadi anak yang cerdas, kreatif dan inovatif. (BJR)