Subscribe Us

header ads

Indra Catri Lantik 26 Walinagari


Agam, CanangNews--Bupati Agam Dr. H. Indra Catri melantik 26 wali nagari masa bakti 2019-2025 di GOR Rang Agam Lubuk Basung, Kamis (26/12/19).
Mereka yang dilantik adalah wali nagari terpilih hasil Pemilihan Wali Nagari (Pilwana) serentak yang dilaksanakan pada November 2019 lalu melalui sistem e-votting.
Prosesi pelantikan ditandai dengan pengucapan sumpah, penandatanganan berita acara dan dilanjutkan dengan pemasangan pangkat dan tanda jabatan oleh Bupati Agam Dr. H. Indra Catri.
Turut hadir Wakil Bupati Agam Trinda Farhan Satria, unsur Forkopimda, anggota DPRD Agam Epi Suardi, Sekda Agam Martias Wanto, kepala OPD, ketua dan Wakil Ketua TP-PKK Agam, camat serta tamu undangan lainnya.
“Selamat, semoga dapat mengemban amanah. Pelantikan ini sejatinya merupakan awal dari masa depan nagari di Kabupaten Agam. Karena di pundak saudara-saudara masa depan nagari ini dititipkan. Oleh karena itu, sudah semestinya saudara semua memaknai betul nilai-nilai kehormatan dan pengabdian melalui prosesi pelantikan ini. Jangan sampai prosesi pelantikan ini dianggap sebagai sebuah kegiatan seremonial belaka,” jelas bupati.
Bupati juga mengungkapkan rasa bangga kepada masyarakat Kabupaten Agam yang sukses mewujudkan Pemilihan Wali Nagari yang badunsanak dan aman.
“Saudara adalah cerminan dari suatu nagari, semua tingkah pola dan perbuatan saudara merupakan refleksi dari masyarakat yang saudara pimpin. Seorang wali nagari mesti menjadi suri tauladan bagi masyarakat,” pinta Indra Catri.
Dikatakan, Pemilihan Wali Nagari yang dilakukan pada tahun 2019 ini merupakan kali ke-dua dilaksanakan secara serentak menggunakan sistem e-voting. Sebelumnya pada tahun 2017 juga telah dilaksanakan pemilihan serentak 27 wali nagari untuk masa jabatan 2017-2023.
“Alhamdulillah, di Sumbar kita satu-satunya daerah yang melakukan Pilwana sistem E-Votting dengan tujuan meningkatkan efisiensi dan efektifitas proses penyelenggaraan demokrasi,” tegas bupati.
Pada tahun ini dipilih 29 wali nagari yang tersebar pada 14 kecamatan.
“26 diantaranya dilantik pada hari ini. Sementara 3 wali nagari akan dilantik pada bulan Januari 2020, mengikuti masa jabatan yang bersangkutan," tutupnya. (Bj Rahmat) 

Posting Komentar

0 Komentar