Soal TdS,Peran Masyarakat Agar Ternak Dikandangkan

0

Agam,canangnews-----Untuk mensukseskan pelaksanaan ivent TdS yang setiap thunnya di laksanakan tentu evaluasi perlu dilakukan agar ada prosesnya berjalan dengan baik maka lokasi finish etape V Tour de Singkarak (TdS) 2019 pada 6 November 2019. Untuk mensukseskan event bertaraf internasional itu, Pemkab Agam mengajak masyarakat ikut berperan.
Asisten II Bidang Ekonomi Pembangunan dan Kesra Setda Agam Yosefriawan mengatakan, peran masyarakat seperti tidak membiarkan ternak berkeliaran di dekata jalur yang dilalui pebalap dan membersihkan material di pinggir jalan.
“Mari kita bersama sukseskan event ini. Agar tidak terjadi insiden bagi para pebalap, Pemkab Agam meminta kepada warga untuk mengandangkan sementara hewan ternaknya sebelum para pebalap melintasi jalan,” kata Yosefriawan.
Imbauan ini kata Yosefriawan juga dinformasikan melalui surat edaran. Para camat juga diminta mensosialisasikannya kepada masyarakat.Selain itu, pihaknya juga menyiagakan personil Satpol PP Damkar, Dinas Perhubungan dan Polres Agam di sepanjang jalan tersebut.
Ia menyebutkan, hal itu penting dilakukan mengingat sudah ada insiden tahun 2018 para pebalap TdS terjatuh akibat hewan ternak.“Kita tidak menginginkan ada kecelakaan akibat hewan ternak yang mengakibatkan akan merusak nama baik daerah di mata internasional,” jelas Plt Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Agam ini.
Yosefriawan menyebut, daerah yang rawan berkeliaran hewan ternak yaitu kawasan Muaro Mati Tiku Kecamatan Tanjung Mutiara dan di tikungan SMPN 1 Tanjung Mutiara.Sementara itu, Camat Tanjung Mutiara Yogi Astarian, menjelaskan hewan ternak berkeliaran di Tiku merupakan persoalan yang kerap terjadi tiap tahun.
Ia menerangkan bahwa TdS tahun 2018, segerombolan sapi keluar dan berkeliaran di tepi jalan. “Jadi untuk tahun ini kita harapkan hal itu tidak terjadi lagi,” ujarnya.Pihaknya sudah menggandeng pemerintah nagari untuk segera membentuk Peraturan Nagari (Pernag) dan berharap Perna itu selesai dalam waktu dekat. (rel/bjr)

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top