Pemkab Agam Gencar Berikan Pelatihan Kepada Masyarakat - CANANG NEWS

Breaking

Selasa, 01 Oktober 2019

Pemkab Agam Gencar Berikan Pelatihan Kepada Masyarakat

   Agam Senantiasa menciptakan SDM unggul (foto:doc)
Lubukbasung,canangnews------Agam terus berupaya menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul melalui berbagai pelatihan yang diberikan setiap tahunnya kepada masyarakat daerah itu.
Kepala UPT Balai Latihan Kerja (BLK) Sungai Jariang, Kecamatan Lubuk Basung, Haris Priadi via ponsel, Selasa (1/10) mengatakan, sejak Januari sampai awal Oktober 2019, pihaknya sudah melaksanakan pelatihan dengan berbagai subkejuruan baik di BLK maupun nagari.
“Di samping kita melaksanakan pelatihan di BLK, juga dilakukan di nagari-nagari supaya cakupan peserta pelatihan lebih luas. Satu subkejuruan peserta pelatihan sebanyak 16 orang,” ujarnya.
Menurutnya, jika pelatihan hanya dilaksanakan di BLK, peserta cuma anak muda yang baru tamat sekolah atau putus sekolah. Apabila dilakukan di nagari, sasaran pesertanya bisa sampai kepada ibu rumah tangga yang rawan ekonomi.
“Sampai saat ini kita sudah melaksanakan pelatihan dengan 14 subkejuruan dan 37 waktu pelaksanaan, baik di BLK maupun di nagari. Bahkan sekarang masih ada pelatihan yang sedang berlangsung,” sebutnya.
Ke-14 subkejuruan yang dilaksanakan seperti, servis sepeda motor konvensional empat kali, menjahit pakaian sesuai style lima kali, pengelasan SMAW 3G tiga kali, pembuatan roti dan kue tujuh kali, pembuatan hiasan busana dengan mesin bordir manual empat kali, membuat souvenir tiga kali.
Kemudian pengolahan ikan dua kali, asisten pembuat pakaian dua kali, servis sepeda motor injeksi satu kali, perakitan komputer dua kali, teknisi telepon seluler satu kali, operator pembuat sprey dan bed cover satu kali, pemasangan listrik bangunan sederhana satu kali dan practical office advanced satu kali.
Sedangkan pelatihan yang masih berlangsung yaitu subkejuruan practical office advanced di BLK, menjahit pakaian sesuai style di Nagari Sungai Batang, Kecamatan Tanjung Raya, pengelasan SMAW 3G di Nagari Tiku Limo Jorong, Kecamatan Tanjung Mutiara, pembuatan roti dan kue di Nagari Guguak Tabek Sarojo, Kecamatan IV Koto, servis sepeda motor konvensional di Nagari Ladang Laweh, Kecamatan Banuhampu.
“Dalam waktu dekat kita juga akan melaksanakan pelatihan di Kecamatan Palembayan dengan subkejuruan menjahit pakaian sesuai style dan lembaga pemasyarakatan klas II B Lubuk Basung perbaikan bodi kendaraan ringan,” tutur Haris.
Dengan gencarnya menggelar pelatihan, Haris mengharapkan ke depan lahirnya masyarakat yang mandiri, karena mereka sudah memiliki bekal ilmu yang bisa diaplikasikannya untuk menjadi penghasilan dalam keluarga. Sehingga dapat menekan angka pengangguran di daerah itu. (AMC05)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar